5 Cara Mengatasi Komputer Lemot Dan Lambat

Cara Mengatasi Komputer Lemot Dan Lambat – Punya komputer yang lemot atau lambat, itu merupakan hakl yang paling menjengkelkan di alami ketika sedang bermain komputer. Apa penyebab dan cara mengatasinya? Komputer biasanya akan melambat kinerjanya setelah dipakai beberapa tahun. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab komputer lemot.

Baca juga: Jenis-Jenis Kerusakan Pada Komputer & Laptop

Beberapa di antaranya adalah terlalu banyak file, virus, dan software yang tidak terpakai. Untuk memperoleh kinerja komputer yang lebih cepat, Anda tidak perlu membeli yang baru atau melakukan instal ulang. Ada beberapa cara mengatasi komputer lemot baik itu untuk Windows XP, Windows 7 dan Windows 8.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi komputer Anda yang lemot dan kesemua cara ini hampir tidak memerlukan software tambahan.

1. Uninstall program yang tidak terpakai

Saat Anda membeli PC baru, kemungkinan ada banyak program yang sudah terpasang di dalamnya. PC lama bisa mengakumulasi ini dari waktu ke waktu. Sebagian besar ini tidak akan pernah Anda gunakan dan beberapa di antaranya sering kali berjalan di latar belakang tanpa Anda sadari, memperlambat komputer Anda dalam prosesnya. Untuk menghapusnya klik “Start” lalu masuk ke “Control Panel” lalu klik “Programs and Features” dan gulir daftar, copot pemasangan yang tidak Anda gunakan.

2. Delete temporary files

Caranya adalah buka tab run dengan kombinasi shortcut keyboard tombol logo window dan huruf R lalu ketikan “%tmp%” tanpa tanda kutip maka akan tampil jendela baru yang isinya file tempory dan silahkan blok semua file atau folder yang ada di halaman tersebut lalu hapus atau delete, kemudian anda juga harus membuka halaman folder direktori prefetch caranya sama dengan membuka halaman tempory namun anda harus mengetikan kata “prefetch” tanpa tanda kutip di kolom run setelah itu hapus semua file dan folder yang ada di folder direktori tersebut dan penting jika saat menghapus ada pesan pop up yang muncul seperti pada gambar di bawah ini maka silahkan pilih tab skip dan biarkan file tersebut tetap pada tempatnya.

3. Install solid state drive (SSD)

Jika PC Anda membutuhkan waktu untuk dihidupkan dan siap beraksi (Proses startup lambat), hard drive Anda mungkin penyebabnya ini bagi anda yang menggunakan SSD namu bagi anda yang masih menggunakan hardisk biasa maka proses clean up sangat di anjurkan. Biasanya mereka memiliki banyak komponen bergerak dan bisa memakan waktu lama untuk menyala. Drive solid state menggunakan memori flash (seperti stik USB yang besar) dan bisa membaca data dengan lebih cepat sehingga mempercepat proses start up Anda.

4. Hentikan start up yang tidak perlu

Kapan pun Anda menghidupkan PC Anda, beberapa program akan mulai berjalan secara otomatis di latar belakang. Hal-hal seperti Skype dan Spotify bersalah atas hal ini. Semua aplikasi yang berjalan akan menggunakan memori komputer Anda sehingga paritnya tidak perlu Anda jalankan.
Untuk melakukan ini klik Start dan ketik “Run”. Pada kotak yang muncul ketik “msconfig” dan sebuah kotak akan muncul, di bagian atas klik tab “Startup” yang mencantumkan semua aplikasi yang dijalankan saat komputer Anda dinyalakan. Baik secara manual untick yang tidak perlu atau klik “disable all”, tapi pastikan untuk menyimpan hal-hal penting seperti antivirus.

5. Upgrade RAM

Pernahkah Anda memperhatikan saat Anda mencoba mengerjakan beberapa aplikasi sekaligus (multitasking), seperti email, internet, dan tidak lama salah satu aplikasi tidak bisa digunakan alias not responding Ini karena Anda tidak memiliki cukup RAM solusinya adalah anda harus menambahkan memory ram pada pc atau leptop anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *