5 Penyebab Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Laptop Saat Charger

5 Penyebab Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Laptop Saat Charger

Kebanyakan orang saat ini memiliki laptop bukan lagi untuk gaya-gayaan seperti dulu, tapi suatu kewajiban yang harus ada. Kelebihan yang paling utama dalam penggunaan laptop dibandingkan dengan PC desktop adalah simple mudah dibawa kemanapun, digunakan dimana saja, tanpa harus tergantung pada sumber listrik utama seperti halnya PC
desktop.

Setiap perangkat yang berbasis komputer portable baik itu laptop, smartphone, PC tablet dan perangkat lainnya memiliki sumber tenaga listrik bersumber dari baterai, bentuknya bisa bermacam-macam, tegangannya pun bervariasi, namun satu hal yang sama dari semua baterai pada perangkat elektronik portable apapun, yaitu baterainya harus diisi ulang secara berkala.

Namun apa jadinya bila terjadi kasus charger laptop tidak dapat mengisi baterai meskipun telah dihubungkan pada sumber listrik. Tentu saja laptop tidak akan dapat menyala dengan baterai (stop kontak), dan hanya akan menyala jika terhubung dengan chargernya saja, nah bagaimana kalau laptop tidak mau menyala meskipun charger sudah dihubungkan, berikut adalah problem untuk kasus charger laptop yang tidak terhubung ke sumber listrik.

1. Problem di steker charger

Kasus charger laptop tidak mengisi mungkin disebabkan oleh sambungan antara kabel power pada charger dengan stopkontak yang rusak atau longgar, beberapa steker charger laptop membutuhkan conektor khusus untuk dapat dihubungkan ke stopkontak (contohnya steker berkaki tiga).

Steker berkaki tiga membutuhkan konektor khusus untuk dapat dihubungkan dengan stop kontak standar (dua lubang), biasanya konektor untuk steker berkaki tiga memiliki saklar sendiri yang dilengkapi dengan lampu indikator, dalam hal konektor tersebut rusak biasanya lampu indikator tidak menyala.

2. Problem Di kabel Charger

Beberapa kondisi kabel (yang kasat mata) mungkin mengindikasikan kerusakan pada kabel charger laptop. Kabel yang terputus didalam jaket pembungkusnya (yang tidak kasat mata) juga akan sangat berpotensi membuat charger laptop tidak mengisi, biasanya hal tersebut disebabkan oleh tarikan yang cukup kuat pada kabel charger tersebut.

3. Problem Di Sambungan Kabel Charger

Beberapa charger laptop memiliki kabel yang terpisah antara bagian charger yang terhubung ke stopkontak dengan bagian charger yang terhubung ke laptop, biasanya bagian tersebut dapat dipisahkan dari adapternya.
Dalam kasus charger laptop tidak mengisi (memasok daya ke baterai), ada kemungkinan sambungan charger bermasalah, misalnya ada kotoran pada penghubung kabel power (yang dihubungkan langsung dengan stopkontak) dengan adapter charger.

4. Problem Di Ujung Kabel Atau Konektor Charger

Konektor charger (yang terhubung ke port pada laptop) yang bermasalah dapat meyebabkan aliran listrik dari adapter charger terganggu, akibatnya baterai tidak terisi walaupun laptop terhubung ke charger laptop.

5. Problem Panas Berlebih Pada Laptop

Jangan sepelekan laptop yang panas karena dapat mengakibatkan banyak masalah baik pada perangkat keras maupun perangkat lunak pada laptop, termasuk dapat mengganggu proses pengisian daya.

Permasalahan diatas sebenarnya mudah diatasi apabila kita punya budget cukup, yaitu membeli charger baru. Namun kadang kita memiliki kebutuhan lain, sehingga prioritas untuk ganti baru charger laptop menjadi nomer sekian. Service tercepat bergaransi, selain itu kalian bisa konsultasi masalah kerusakan dengan berdiskusi langsung teknisi dan cek kerusakan gratis. Demikian dengan artikel ini semoga bermanfaat bagi anda dan dapat membantu anda untuk mencari penyebab kerusakannya.

Baca juga;  Tips Mengatasi Data Yang Hilang Atau Terhapus Di Komputer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *