Cara Ampuh Untuk Mengatasi Android Lemot

Ada beberapa tipe Hanphone memang berbeda dan memiliki RAM yang berbeda-beda dalam beberapa kondisi pastinya akan menjadi masalah yaitu terasa lemot. Andoid lemot ini juga memiliki penyebabnya dan salah satu adalah mengunduh aplikasi pada Ram terlalu penuh, ataupun kapasitas Terlalu rendah. Agar kalian menggunakan Android anda dengan nyaman dan ikutilah langkah-langkah untuk mengatasi android yang lemot.

1. perhatikan jumlah memori

Setiap Smartphone dibekali dengan adanya Memory yang berbeda. Selain Ram, Kapasitas memori internal juga mempengaruhi performa Smartphone anda. Saat memory internal yang tersedia tinggal sedikit, makan android akan menjadi lemot. Dan untuk cara mengatasinya android lemot sebaiknya hindari penyimpanan data yang memenuhi memori internal. Jika Android anda sering menyimpan banyak data di Smartphhone, dan usahakan untuk membeli Smartphone yang dibekali dukungan kartu Memory. Atau beli Smartphone yang dibekali memory internal luas.

2. gunakan aplikasi serbaguna

Untuk menginstal apliaksi yang malah membuat memori menjadi penuh, mending instal satu aplikasi tetapi memiliki banyak funsi jika Android anda sudah di –root, salah satu aplikasi multifungsi yang bisa mengatasinya adalah aplikasi Apps2DD.

Dalam menggunakan aplikasi ini anda bisa mendapatkan fungsi yang banyak, seperti partisi SD Card, backup aplikasi, link aplikasi ke memory card, dan lainnya. Jika belum di-root, kamu bisa mendapatkan banyak fungsi serupa di Clean Master.

3. Gunakan 1 aplikasi Antivirus

Aplikasi ini dipercaya untuk mengatasi virus yang ada di Android anda biasanya Android lelet juga dari virus karena virus dari aplikasi yang anda instal belum tentu itu aman dan bebas dari virus. Pastinya virus itu akan berjalan dari aplikasi yang telah diinstal, dan cara mengatasinya anda harus meninstal Antivirus ini sebagai menjada keamanan pada Android anda. Dalam aplikasi Antivirus ini akan bekerja apabila aplikasi yang anda miliki berbahaya dan virus yang datang untuk menyerang Android anda.

4. Auto Kill

Kamu yang sering melakukan multi tasking di Andoid, pasti sudah terbiasa menemukan banyak aplikasi yang aktif di Recent Apps. Dampak lanjutan saat banyak aplikasi yang berjalan di Recent Apps adalah RAM semakin sesak, dan Android jadi lemot. Untuk menghindarinya coba kamu gunakan fitur Auto Kill. Fitur ini akan membuat aplikasi tidak bisa berjalan di background, sehingga Android kamu tidak akan lemot.

5. Gunakan Aplikasi Berbayar

Menggunakan aplikasi gratisan memang enak. Karena tanpa harus mengeluarkan uang, kita bisa mencoba fitur keren yang ada di aplikasi tertentu. Tapi, tahukah kamu bahwa meng-install aplikasi gratisan itu sama dengan siap jadi kelinci percobaan? Karena dengan memberikan aplikasi gratisan inilah pengembang akan mendapatkan banyak review untuk mengetahui bugs apa saja yang menimpa di aplikasinya.

6. Selalu Update Software

Setiap ada tanda pemberitahuan Update sofware, segera lakukan update. Hal ini bertujuan untuk segera memperbaiki masalah yang dibawa oleh sistem sebelumnya. Karena bisa dipastikan update itu bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dari sebelumnya.

Meski kadang ditemui kenyataan bahwa setelah update justru semakin buruk, namun pihak pengembang pasti tidak akan diam saja jika memang ditemui ada masalah pada sistemnya. Selalu luangkan waktu untuk memeriksanya di menu Settings – About – System Update lalu pilih Check for Updates.

7. kurangi penggunaan Wibget

Bukan cuma memperindah tampilan homescreen Android kamu, tapi Widget juga berguna sebagai jalan pintas untuk memantau berbagai aplikasi tanpa harus membuka aplikasi terkait.

Meski membuat Android kamu tampak indah dan mempercepat akses ke aplikasi, namun hal ini juga akan menyita konsumsi RAM yang lebih besar. Dampaknya, Android kamu menjadi lambat. Maka dari itu, kurangi penggunaan Widget untuk mengatasi Android lemot.

8. Hapus atau Hentikan Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Memang banyaknya aplikasi baru di Google Playstore selalu menarik untuk dicoba. Tanpa disadari, banyak aplikasi yang hanya menarik di awal saja atau bahkan ternyata memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi yang kita pasang sebelumnya.

Dampaknya, ruang penyimpanan di Android kamu menjadi tersita oleh aplikasi yang sebenarnya tidak berguna. Maka untuk menjaga agar Android kamu tetap cepat, hapus aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai atau memiliki fungsi sama tersebut.

9. kurangi atau matikan Animasi diAndroid

Animasi adalah salah satu pencuri Ram di perangkat android. Dan cara mengatasinya android lemot selanjutnya adalah dengan masuk ke menu Setting-  Developer Options.

Untuk mengurangi atau mematikan animasi di android agar android anda tetap cepat anda bisa mengetahuinya di setting – Developer Options, lalu ubah nilai Windows Animation Scale, Transition animation scale, dan animator duration scale ke nilai Windows animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale ke nilai terkecil, atau dibuat off sekalian. Metode ini pula yang Jaka gunakan untuk menantang kamu yang memiliki Android dengan RAM 4 GB.

10. Bersihkan Cache Data

Cache adalah tempat menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang atau pernah kamu gunakan. Dengan adanya cache di Android, kamu akan dengan cepat membuka aplikasi yang sebelumnya pernah digunakan. Namun, dibalik manfaatnya tersebut, cache yang dibiarkan menumpuk akan membuat Android kamu menjadi lemot.

Cara mengatasi android yang lemot karena cache menumpuk ini adalah dengan selalu membersihkan cache dari setiap aplikasi yang sering kamu gunakan. Caranya, masuk Settings – Apps – All lalu cari aplikasi yang akan dibersihkan cache-nya, dan pilih Clear Cache. Atau, kamu juga bisa sekaligus membersihkan cache pada Android kamu melalui menu Settings – Storage – Cached Data, dan pilih OK saat ada pop up.

Baca juga:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *