Cara Belajar Komputer Mudah

Sebelum kita membahas cara belajar komputer mudah, kita harus mengetahui apa itu definisi komputer terlebih dahulu? Komputer adalah sebuah alat elektronik yang terdiri dari tiga bagian system yaitu Hardware, Software dan Brainware yang berfungsi untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.

Cara Belajar Komputer Mudah

Komputer itu sendiri dirancang dengan beberapa komponen-komponen penting yang disebut hardware, apa saja komponen-komponen penting yang digunakan untuk merancang sebuah komputer? dibawah ini adalah komponen-komponen utama yang digunakan untuk merakit sebuah komputer :

  • Mainboard atau papan sirkuit
    komponen ini merupakan komponen wajib, berfungsi untuk menghubungkan semua komponen menjadi satu bagian komputer.
  • Prosessor
    Komponen ini merupakan otak dari sebuah komputer, berfungsi untuk mengatur proses pengolahan data, semakin tinggi dan canggih pada komputer ini akan membuat proses pengolahan data semakin cepat.
  • Memory RAM (Random Access Memory)
    Komponen ini merupakan memory sementara dalam pengolahan data, berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara pada saat komputer dijalankan dan dapat diakese secara random. Semakin besar RAM yang digunakan maka komputer akan semakin cepat dijalankan
  • HDD atau Hard Disk
    Komponen berfungsi sebagai tempat penyimpanan data semi permanen, semakin besar kapasitas HDD yang digunakan maka semakin banyak data yang dapat disimpan.
  • Casing atau cangkang komputer
    Komponen ini berfungsi sebagai tempat komponen-komponen komputer dirancang, semakin besar dan luas casing yang digunakan maka sirkulasi udara didalam casing akan semakin bagus.
  • PSU (Power Supply Unit)
    Komponen ini berfungsi memberikan supply tenaga listrik atau mendistribusikan energi listik kepada sebuah komputer, semakin besar tenaga pure sebuah PSU maka semakin stabil dalam mendistribusikan energi pada komputer.
  • Layar Monitor
    Komponen yang satu ini adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat output data secara grafis pada sebuah CPU, monitor juga kerap disebut sebagai layar tampilan komputer.

Selain komponen diatas, terdapat juga komponen pendukung seperti keyboard, mouse, printer dll. Setelah semua komponen utama sudah anda ketahui dan miliki anda bisa memulai belajar komputer secara mudah.

Beberapa cara dan tips belajar komputer mudah seperti dibawah ini :

1. Bersabarlah Dalam Proses Belajar
Setiap orang pasti menemukan kesulitan dan frustasi dalam tahap-tahap awal belajar bagaimana menggunakan komputer, karena setiap orang menginginkan bisa menguasai komputer dengan cepat.

2. Jangan Malu Bertanya
Tidak malu untuk bertanya terutama jika Anda tidak mengerti tentang bagaimana menggunakan perangkat dasar komputer seperti:
Bagaimana menggunakan mouse
Bagaimana menggunakan keyboard.

3. Jangan Takut Untuk Mencoba
Tidak sedikit orang yang berfikiran apabila salah memakai komputer maka akan rusak, mereka yang memiliki pemikiran seperti itu, akan jauh lebih susah dan lebih lama untuk bisa mengerti bagaimana mengoperasikan komputer dengan baik dan benar, yang perlu diingat adalah semakin anda sering mencoba, maka pengetahuan Anda mengenai komputer akan semakin kuat.

4. Jadilah Diri Anda Sendiri
Tidak membandingkan kemampuan Anda dengan orang lain, merupakan pemikiran yang cerdas. Setiap orang belajar menggunakan komputer dengan latar belakang dan pengalaman yang berbeda, dan setiap orang belajar untuk menggunakannya dengan tujuan yang berbeda pula.

5. Terus Ulangi
Tidak malu mengulangi hal-hal kecil yang Anda sudah ketahui tentang Komputer, merupakan langkah cerdas untuk memperkuat ingatan Anda tentang hal tersebut.

6. Rileks dan Jangan Terlalu Panik
Jika waktu Anda hanya Anda habiskan untuk mengetik dan terus belajar, pasti akan sangat membosankan. Cobalah untuk sesekali bermain game, mendengarkan musik, radio online dan menonton film, akan tetapi sesuaikan dengan porsinya.

Diatas ada beberapa tips yang bisa anda pratekkan secara berkala supaya anda semakin mahir dalam komputer, dan perlu diingat tetapkanlah apa yang ingin anda pelajari lalu belajarlah dengan giat apa yang ingin anda pelajari, maka anda akan mendapatkan hasil yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *