Cara Melindungi Computer Dari Serangan Virus

Cara melindungi computer dari serangan virus- Virus adalah penyakit komputer yang kerjanya merusak media penyimpanan komputer. Virus mampu menggandakan dirinya atau berkembangbiak. Selain itu, virus juga mampu mengcopy, menginfeksi bahkan menyebarkan penyakit lainnya ke semua sektor program yang terdapat didalam harddisk, flashdisk, dan media penyimpannan lainnya. Hal lain dari efek kalau komputer terjangkit virus,  maka komputer bisa restart sendiri. Dan masih banyak lagi efek-efek kalau komputer terkena insfeksi virus.

Melindungi komputer dari virus merupakan suatu hal yang wajib kita ketahui. Setelah tahu cara melindungi komputer dari serangan virus, maka praktekkan segera. Namun jika Anda belum tahu caranya, berikut yang dapat Anda lakukan agar komputer atau laptop bisa kebal dari serangan virus apapun.

Melindungi komputer dari virus merupakan suatu hal yang wajib kita ketahui. Setelah tahu cara melindungi komputer dari serangan virus, maka praktekkan segera. Namun jika Anda belum tahu caranya, berikut yang dapat Anda lakukan agar komputer atau laptop bisa kebal dari serangan virus apapun.

1. Jangan biarkan komputer tanpa antivirus. Antivirus adalah security komputer atau laptop. Kerjanya antivirus adalah untuk selalu siap menjaga komputer dari serangan-serangan virus berbahaya. Untuk itu instal antivirus yang menurut Anda dapat dipercaya kehandalannya. Antivirus tidak perlu yang berbayar, yang gratispun banyak antivirus yang mampu membasmi setiap virus yang datang ke komputer. Sebagai rekomendasi Anda bisa menggunakan antivirus AVG atau antivirus Avira.

2. Selalu rutin update atau memperbarui database antivirus yang digunakan. Update antivirus bisa dengan cara online atau offline.

3. Untuk antisipasi, selalu scan file seluruh data di komputer. Minimal melakukan scan file menggunakan antivirus satu minggu satu kali. Dan jika ditemukan virus, segera karantina virus dengan antivirus yang digunakan.

4. Ketika Anda sedang berselancar di internet, jangan sekali-kali untuk membuka  file attachment atau  lampiran  email yang berekstensi .exe, .scr, .vbs, atau file berekstensi ganda seperti .txt. Namun jika file tersebut menurut Anda penting, sebaiknya lakukan scan file dulu menggunakan antivirus.

5. Hati-hati ketika membuka attachment email atau kiriman attachment dari instant message yang dikirim dari orang-orang tidak dikenal, karena hal ini bisa saja berisi file ekstensi virus berbahaya.

6. Jangan pernah membuka email Spam/Sampah (penjualan produk, menawarkan video gratis, gambar gratis, dan lagu gratis).

7. Selalu scan file dengan antivirus pada file baru sebelum digunakan. File baru tersebut baik yang Anda dapat dengan cara download di internet maupun yang didapat dari media penyimpanan eksternal seperti flashdisk, harddisk, CD/DVD, dan lain-lain.

8. Jangan pernah install software bajakan. Software yang Anda dapat dengan cara membajak atau software yang didapat bukan dari penjual yang sah/penciptanya. Biasanya software bajakan selalu terinfeksi virus berbahaya.

Demikian dengan altikel kami tentang tips cara menghindari computer dari serangan virus. Semoga teks yang ada di atas semoga bermanfaat dan anda bisa memakai computer anda tanpa ada  gangguan serangan virus, dan semoga bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *