Cara Mempercepat kerja RAM

Cara Mempercepat kerja RAM

Jika anda mengguakan salah satu perangkat tersebut atau bahkan keduanya sekaligus, pastinya banyak sekali masalah yang sering anda temukan karena spesifikasi yang pas – pasan saja. Mulai dari game yang crash karena software yang di jalankan terlalu berat, dan lain sebagainya.

Salah satu penyebab masalah di atas yaitu karena kapasitas memory RAM anda terlalu kecil, sehingga kinerja komputer atau laptop anda akan terganggu. Apalagi anda harus mengupgrde RAM anda dan akan menambah baiya pengeluaran anda. Atau penyebab lainnya adalah soket RAM kotor.

Cara Membersihkan RAM untuk Mempercepat Komputer
Storage System yang penuh, hardisk C umumnya merupakan tempat data-data dari sistem operasi, untuk itu jangan terlalu penuh, Kamu bisa menaruh file yang didownload pada Local disk D misalnya. Hal yang lainnya yang cukup penting dilakukan adalah menguninstal program yang memang tidak diperlukan, atau bahkan tidak pernah menggunakannya maka Kamu dapat menguninstalnya, apalagi jika programnya besar yang tidak pernah Kamu gunakan, dengan itu di-uninstal maka kerja sistem komputer menjadi lebih ringan, sehingga komputer atau laptop milikmu dapat menjadi lebih cepat.

Memang sangat tidak enak kalau komputer lambat banget, akan tetapi yang namanya perubahan ini dimana lama-lama komputer menjadi lambat, maka tentunya ada sebab-sebabnya, adapun jika memang masalah ada pada komponen maka Kamu dapat mengganti komponen tersebut menjadi lebih baru, dan kalau bisa dengan spesifikasi yang lebih tinggi (terutama pada memori RAM) maka komputer Kamu akan bisa menjadi lebih cepat lagi.

Banyak file sampah dan memori RAM terlalu banyak terpakai
Itulah yang tampaknya menjadi sebab utama peforma komputer menjadi menurun, sehingga tampaknya penting untuk kita membersihkan komputer dan RAM sehingga nantinya berguna untuk mempercepat komputer, dan performanya optimal. Seperti dijelaskan sebelumnya tentunya file sampah, yaitu file-file yang dihasilkan secara otomatis dari melakukan aktifitas di komputer, serta juga browsing yang membuat file-file temporary yang tidak diperlukan, seperti dijelaskan sebelumnya Kamu dapat menggunakan software CCleaner untuk menjalankan tugas ini, atau software-software yang semacamnya yang memiliki fungsi membersihkan komputer.

  • Jangan membuka aplikasi terlalu banyak.
    Semakin banyak aplikasi yang dijalankan maka semakin banyak penggunaan RAM. Tutup aplikasi yang sudah tidak terpakali.
  • Tutup aplikasi yang bekerja dibelakang layar.
    Buka System Config maka anda akan mengetahui aplikasi yang bekerja dibelakang layar. Tutup agar menambah kapasitas RAM
  • Kurangi aplikasi yang berjalan ketika komputer dihidupkan
    Pada sebuah komputer atau laptop biasanya terdapat aplikasi dan startup service yang secara otomatis akan terbuka jika komputer anda pertama kali di hidupkan yang akan berjalan di background, sehingga hal tersebut akan mempengaruhi kapasitas RAM anda.
    Anda dapat mendisable aplikasi dan layanan tersebut dengan cara tekan kombinasi tombol Windows+R > ketik Msconfig > klik tab startup > kemudian disable aplikasi yang tidak di perlukan. Namun, jika anda pengguna Windows 10 anda dapat mendisable melalui task manager. Kemudian masuk tab service windows dengan cara beri centang pada “hide all microsoft windows service”, lalu klik disable.
  • Restart komputer anda.
  • Scanning Virus
  • Instal Ulang OS dan Format Hardisk Komputer
    Salah satu solusi yang dapat anda coba yaitu dengan menginstall ulang sistem operasi anda dan juga memformat harddisk pada komputer atau laptop anda. Karena dengan melakukan hal tersebut harddisk anda akan terbebas dari file virus yang secara diam – diam memakan resource RAM anda.
  • Setelah dilakukan itu semua tapi ternyata komputer masih lambat cobalah buka CPU anda dan bersihkan RAM secara manual.
    Bersihkan kuningan atau socket ram menggunakan penghapus. Gososk hingga bersih lalu tempatkan diposisi semula.

Kemudian juga hapus atau uninstal program yang tidak pernah digunakan. Bila terdapat aplikasi atau program yang fungsinya sama. Hapus yang tidak pernah digunakan atau yang jarang digunakan. Pilih aplikasi yang sering dan mudah digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *