Cara Mengartasi Beberapa Masalah Pada Komputer

Cara Mengartasi Beberapa Masalah Pada Komputer

Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya inovasi-inovasi yang telah dibuat oleh tangan-tangan terampil di dunia ini. Mulai dari inovasi sederhana sampai yang menghebohkan dan mengguncang dunia. Kemajuan teknologi memang sangat penting untuk kelansungan kehidupan manusia zaman sekarang. Teknologi telah terbukti menunjang kemajuan peradaban umat manusia. Dunia teknologi telah membantu perbaikan di berbagai sektor, seperti ekonomi, industri, keuangan, pemerintahan dan lain sebagainya, di berbagai belahan dunia dan tak terkecuali Indonesia.

Namun kenyataannya sering terjadi permasalahan yang dialami oleh benda yang satu ini. Masalah terjadi ketika komputer hendak digunakan sehingga menimbulkan rasa kesal pada pengguna.

Ini menandakan telah terjadi gangguan dan kerusakan pada bagian atau komponen tertentu dari komputer tersebut. Oleh sebab itu pada kesempatan ini akan dibahasa gejala awal kerusakan beberapa komponen komputer. Dalam hal ini adalah motherboard, battery CMOS dan CPU. Mari ikuti satu per satu:

1.Motherboard

Ketika menyalakan komputer terjadi gejala aneh dan tidak normal dimana layar monitor tidak menampilkan gambar. Sementara lampu LED (light emision diode) panel depan menyala. LED monitor tetap berkedip-kedip. Kipas pada catudaya (powersuply) dan cashing prosesor berputar. Speaker yang dipasang tidak menimbulkan bunyi apa-apa.

Tindakan pertama untuk mengatasi masalah ini adalah;

  • Cabut semua kabel power yang terhubung ke jaringan listrik. Misalnya, kabel data ke layar monitor, kabel keyboard/mouse dan semua kabel yang terhubung ke CPU.
  • Buka penutup kasing CPU. Buka sekrup yang ada dengan hati-hati.
  • Setelah kasing penutup CPU terbuka segera lepas kabel arus dari power suply yang terkoneksi ke motherboard, harddisk dan floppy drive.
  • Card yang menempel pada motherboard seperti VGA, sound dan card lainnya segera dilepas sehingga yang tersisa hanya motherboard saja.
  • Periksa keadaan motherboard apakah ada yang terbakar pada chip (IC), transistor, elco, dan lain sebagainya.

Baterai CMOS

Gejala awal yang teramati adalah munculnya pesan CMOS checksum vailur atau battery low (baterai lemah). Mengapa ini terjadi? Suplai tegangan ke IC CMOS/BIOS tidak normal. Akibatnya settingan BIOS kembali ke settingan standard pabrik. Konfigurasi dari hardware harus disetting ulang. Solusi masalah ini adalah segera mengganti baterai CMOS dan melakukan settingan ulang BIOS.

CPU(central processing unit)

+ Hang

adalah gejala yang umum terjadi dimana sistem CPU sering mengalami ‘hang’. Apa penyebabnya? Ada beberapa faktor penyebab terjadi hanging seperti badSector di harddisk dan virus. Ada pula permasalahan pada hardware seperti memory sudah kotor atau rusak.

+ Lamban/ lamban

Komputer yang lamban digunakan akan menghambat kelancaran kerja. Oleh sebab itu perlu dipahami faktor penyebabnya. Di antaranya, space hardisk terlalu penuh atau terlalu banyak program dan software yang diinstal sehingga memakan ruang harddisk dan memory. Selain itu, bersarang virus dan harddisk menjadi badsector.

Cara mengatasi masalah ini segera kurangi muatan harddisk dengan membuang program atau aplikasi yang tidak dibutuhkan. Disarankan untuk berhati-hati mencolokan flashdisk ke komputer. Pastikan flashdisk yang dicolokan tidak mengandung virus berbahaya.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Layar Pada Smartphone Android

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *