Cara Mengatasi Komputer Yang Sering Lelet

Komputer sering hang adalah masalah yang paling dialami banyak orang, banyak sekali factor yang dapat menyebabkan hangnya computer, yang paling umum adalah masalah ini bisa saja dari penggunaan aplikasi atau virus yang menyerang computer. Pada dasarnya computer heng itu bisa dipastikan kapasitas dari penggunaan aplikasi yang cukup berat bagi computer atau  sering di download aplikasi yang berat, maka dari itu system kinerja computer akan semakin melambat akau istilah kata lelet. Berikut adalah cara untuk mengatasi computer yang heng bagi pengguna computer:

Jika sebuah aplikasi mengalami Not Responding, sebaiknya anda hentikan prosesnya dengan cara: CTRL + ALT + DEL, Klik Task Manager, Pilih Aplikasi yang ingin dihentikan, Klik End Task

CPU Overheat

Komputer HANG bisa jadi karena Komputer Panas, Baca juga: Cara cek suhu komputer. Untuk mengatasinya bisa berikan pasta pendingin (yang diberikan pada saat beli PC/Motherboard baru) pada atas Processor (Note: Jangan beri Pasta pada bagian yang dicolok pada Motherboard). Jika masih panas bisa tambah kipas pada Casing CPU dan biasakanlah bersihkan debu-debu pada CPU. Jika masih panas juga biasanya Power Supply atau Processor bermasalah, silahkan diganti dengan yang baru. Sebelum mengganti Hardware silahkan berkonsultasi terlebih dahulu dengan Teknisi agar pembelian barang baru anda tidak sia sia.

Bad Sector

Hardisk anda bad sector juga termasuk faktor penyebab komputer hang. Karena ketika komputer menyala dan hardisk mengalami kerusakan maka otomatis komputer akan hang. Baca juga: Bad Sector dan Cara memperbaiki Hardisk Bad Sector

Virus

Ini tidaklah membuat heran, seringkali virus membuat komputer menjadi hang. Karena mereka diam diam membuka aplikasinya tanpa sepengetahuan kalian hingga memory penuh, dan itu kasus yang sudah biasa ditemukan. Sebaiknya anda membersihkan dengan Antivirus, saya menganjurkan untuk menggunakan Avast atau AVG

VGA tidak cocok atau rusak

VGA dapat menyebabkan komputer hang. Karena VGA dan Motherboard tidak memiliki kecocokan maka keduanya akan bentrok atau panas, dan komputer menjadi hang. Maka gantilah VGA anda dengan yang baru.

RAM kurang besar atau rusak

RAM yang kurang besar akan membuat komputer lambat, dan anda jadi tidak sabar kemudian Hang. Solusinya adalah menambah size RAM.

Driver tidak cocok

Misalnya: Komputer awalmu memiliki motherboard merk ‘As*s’, setelah itu kamu mengganti dengan motherboard baru merk ‘Int*l’ , dan kamu hanya memindahkan hardisk dari motherboard awal ke yang baru, maka kemungkinanya komputermu akan hang karena driver chipset tidak cocok.

Bagi anda yang merasa computer anda sering heng, anda bisa membuaka artikel ini untuk mengetahui cara mengatasi computer yang heng. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda dan semoga bermanfaat badi anda.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *