Cara Mengatasi Memori Internal Android Yang Penuh   

Cara Mengatasi Memori Internal Android Yang Penuh      

Ketika ingin download aplikasi tiba-tiba keluar notifikasi “ruang penyimpanan tidak cukup, ruang penyimpanan tidak tersedia” atau notif lainya yang muncul terus menerus. Sering hal ini terjadi di HP android, walaupun HP android sudah dibekali memori internal yang cukup besar tapi nyatanya tetap saja cepat penuh memorinya.

Memori internal merupakan salah satu ruang penyimpanan yang memang sudah di sediakan di dalam HP Android. Memori bawaan yang sudah menyatu di dalam mesin. Sehingga kita tidak bisa melepasnya dan kapasitasnya sudah di tentukan. Kita tidak bisa menambah atau menguraninya

Memori internal ini, bisa kita isi data berupa file, foto , dokumen dan lainya. Untuk saat ini kebanyakan HP android sudah dibekali dengan memori internal sebesar 4GB, 8GB, 16GB untuk kelas tertentu ada yang sampai 128GB.

Memori Eksternal

Yaitu memori tambahan MicroSD yang bisa kita lepas dan pasang. Kapasitasnya sendiri bisa kita pilih sendiri mulai dari 2GB, 4GB dan lainya yang memang sudah banyak di jual secara terpisah. Jika masalah memori eksternal android terlalu penuh, maka kalian bisa menggunakan yang lebih besar lagi.

RAM Android

RAM cepat sekali penuh dan berakibat HP android lambat atau lemot karena memang cara kerja RAM ini, menyimpan atau menjalankan aplikasi untuk sementara waktu agar bisa di buka dengan cepat

Jadi gini, ketika kita membuka aplikasi A, dan berpindah ke apliksi B. Sebenarnya aplikasi A masih berjalan ( background ) disinilah fungsi RAM yang bertugas menyimpan aktifitas aplikasi A dan B secara bersamaan. Agar bisa cepat berjalan ketika kita buka lagi.

Penyebab Memori Internal Android Cepat Penuh

Hal ini bisa terjadi ketika anda menggunakan handphone baik untuk mencari informasi di internet, maupun bermain aplikasi sosial media. Yang sebenarnya secara tidak sadar akan menambah file yang akan tersimpan di memori internal handphone. Biasa disebut sebagai Cache.

Menghapus Cache aplikasi

Setiap anda menginstal aplikasi, dan juga semua aktifitas aplikasi yang ada di handphone. Ketika anda membuka aplikasi tersebut, sebenarnya menyimpan data yang biasa di sebut Cache. Fungsinya, ketika anda membuka aplikasi yang sama di waktu yang berbeda, nantinya aplikasi sebagian data yang di tampilkan akan mengambil dari data cache yang tersimpan sebelumnya.

Sebagai contoh, ketika anda membuka aplikasi Facebook untuk pertama setelah di install akan terasa loading lama, namun ketika anda menutup dan membuka lagi nantinya loading akan terasa lebih cepat. Nah, dari situlah semakin lama Cache akan semakin besar ukurannya, untuk menguranginya anda bisa menghapus dari setiap aplikasi.

Dengan menghemat kapasitas memori internal maupun eksternal. Juga bisa membantu merawat handphone agar kecepatan loading saat digunakan bisa stabil. Menggunakan kapasitas memori yang besar pun tidak akan membantu jika tidak merawat dan mengendalikan file di dalamnya. Gunakan kapasitas memori handphone anda sebaik mungkin dan gunakan memori yang memiliki kualitas bagus, dengan kapasitas sesuai dengan kemampuan handphone.

Baca juga: 5 Penyebab Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Laptop Saat Charger

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *