Cara Mengganti Password Wi-Fi

Cara Mengganti Password Wi-Fi

Wi-Fi adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. Wi-Fi Alliance mendefinisikan Wi-Fi sebagai “produk jaringan wilayah lokal nirkabel (WLAN). Karena kebanyakan WLAN zaman sekarang didasarkan pada standar tersebut, istilah “Wi-Fi” dipakai dalam bahasa Inggris umum sebagai sinonim “WLAN”.

Wi-Fi merupakan teknologi wireless, alias tanpa kabel, yang menunjang perangkat-perangkat elektronik dapat bertukar data satu sama lain melalui jaringan komputer. Teknologi ini memanfaatkan gelombang radio dalam mentransmisikan data dari satu perangkat ke perangkat lain.

Sebuah alat Wi-Fi dapat terhubung ke Internet ketika berada dalam jangkauan sebuah jaringan nirkabel yang terhubung ke Internet. Cakupan satu titik akses atau lebih (interkoneksi) — disebut hotspot — dapat mencakup wilayah seluas beberapa kamar hingga beberapa mil persegi. Cakupan di wilayah yang lebih luas membutuhkan beberapa titik akses dengan cakupan yang saling tumpang tindih. Teknologi Wi-Fi umum luar ruangan berhasil diterapkan dalam jaringan mesh nirkabel di London, Britania Raya.

Wi-Fi menyediakan layanan di rumah pribadi, jalanan besar dan pertokoan, serta ruang publik melalui hotspot Wi-Fi yang dipasang gratis atau berbayar. Organisasi dan bisnis, seperti bandara, hotel, dan restoran, biasanya menyediakan hotspot gratis untuk menarik pengunjung. Pengguna yang antusias atau otoritas yang ingin memberi layanan atau bahkan mempromosikan bisnis di tempat-tempat tertentu kadang menyediakan akses Wi-Fi gratis.

Router yang melibatkan modem jalur pelanggan digital atau modem kabel dan titik akses WI-Fi, biasanya dipasang di rumah dan bangunan lain, menyediakan akses Internet dan antarjaringan ke semua peralatan yang terhubung dengan router secara nirkabel atau kabel. Dengan kemunculan MiFi dan WiBro (router Wi-Fi portabel), pengguna bisa dengan mudah membuat hotspot Wi-Fi-nya sendiri yang terhubung ke Internet melalui jaringan seluler. Sekarang, peralatan Android, Bada, iOS (iPhone), dan Symbian mampu menciptakan koneksi nirkabel.[24] Wi-Fi juga menghubungkan tempat-tempat yang biasanya tidak punya akses jaringan, seperti dapur dan rumah kebun.

Cara Mengganti Password Wi-Fi

  • Langkah pertama adalah alat untuk mengubah password hrus terkoneksi dengan Wi-Fi yang ingin di rubah.
  • Buka IP router melalui browser yang digunakan (Cari IP Router melalui aplikasi yang dengan mudah di download memalalui App Store)
  • Setelah masuk ke halaman pengaturan, login ke pengaturan dengan akun dan sandi yang digunakan, secara default biasanya username dan password Wi-Fi di perangkat Huawei adalah Admin dan admin atau telecomadmin dan admintelecom
  • Cari opsi pengaturan WLAN, kemudian masuk ke opsi WLAN Basic Configuration
  • Pastikan opsi enable WLAN tercentang, kemudian isi SSID Name dengan nama Wi-Fi yang diinginkan
  • Isi WPA PreSharedKey dengan kata sandi Wi-Fi yang ingin digunakan
  • Lalu pilih tombol Apply
  • Jika sudah selesai, nama dan sandi Wi-Fi akan berubah.

Harap ubah id dan password lgin router secara berkala agar tidak mudah di bobol orang tidak bertanggung jawab. Hindari penggunaan id dan password yang mudah dijebol. Catat dan simpan id dan password agar tidak lupa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *