Cara Merakit Komputer Sendiri Dengan Benar

Cara Merakit Komputer Sendiri Dengan Benar

Cara merakit komputer sendiri dengan benar – Pertama-tama yang perlu kita persiapkan adalah semua komponen-komponen yang dibutuhkan dalam merakit komputer yaitu komponen utama seperti mainboard / motherboard, Prosessor, Memori RAM, HDD, Casing, Power Supply dan komponen pendukung seperti CD/DVDROM, Kartu Grafis (VGA), Keyboard, Mouse serta layar monitor. Sediakan juga software seperti sistem operasi dan software lainnya, dam juga tidak ketinggalan seperti obeng + dan perlengkapan lainnya.

Cara Merakit Komputer Sendiri Dengan Benar

Langkah atau cara merakit komputer adalah sebagai berikut :

Pasangkan semua komponen utama pada motherboard
Yang harus dilakukan pertama kali adalah memasangkan komponen utama pada motherboard, komponen utama yang bisa dipasangkan dengan motherboard adalah prosessor dan heatsinknya, memori ram.
Pada saat memasang prosessor harap diperhatikan posisi socket prosessornya biasanya prosessor memiliki tanda seperti lekukan, lubang atau tanda panah. Jangan sampai salah memasangkannya karena bisa saja jarum pinnya patah, apabila jarum pinnya patah akan membuat motherboard anda rusak dan tidak bisa membaca chip yang ada diprosessor. Bila sudah pas maka prosessor akan terpasang dengan baik dan benar.
Begitu juga saa memasang Memory RAM, socketnya harap diperhatikan juga apabila tidak pas jangan dipaksakan perhatikan baik-baik pembatas socket ram dengan ram anda yang ingin anda pasangkan.

Masukan Motherboard pada casing
Pasangkan motherboard yang sudah terpasang prosessor, memori Ram kedalam casing. Patikan anda memasang terlebih dahulu plat bawaan motherboard kedalam casing, plat tersebut merupakan plat yang sudah disesuaikan untuk motherboard tersebut agar output seperti usb, vga output, dll bisa dipasangkan saat mengoperasikan komputer.

setelah anda memasang motherboard, mulailah memasang komponen lainnya seperti PSU (power supply), Harddisk, CD/DVROM, ataupun kartu grafis (VGA) sesuai dengan socket-socket yang terdapat di Motherboar.

Dan yang harus diperhatikan adalah memasang kabel tombol on/off di casing pada motherboard, biasanya terdapat petunjuk dari buku manual motherboard untuk cara memasang kabelnya. Jika salah dalam memasangkan kabel tombol on/off maka komputer tidak akan bisa dinyalakan.

Biasakan untuk merapikan kabel
Setelah selesai dan untuk menjaga agar sirkulasi udara berjalan dengan baik, maka anda harus merapikan kabel-kabel yang terpasang didalam casing, power supply dan Harddisk. Selain terlihat rapi akan membuat sirkulasi udara didalam casing lebih terjaga. Anda juga bisa memasang kipas tambahan didalam untuk lebih mendingikan kondisi udara dalam casing.

Instalasi sistem operasi dan program lainnya
Setelah selesai dalam merakit dan sudah dicoba untuk dinyalakan, apabila sudah berhasil dinyalakan dan semua komponen bekerja dengan baik. Langkah selanjutnya adalah menginstal sistem operasi kedalam komputer agar komputer bisa dioperasikan dengan baik dan benar.

Itulah langkah-langkah dari merakit komputer, anda bisa mencoba mempraktekan langkah-langkah diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *