Cara Mudah Menghemat Baterai Laptop

 

Tips dan Cara Mudah Menghemat Baterai Laptop

 

Banyaknya program yang berjalan di laptop membuat baterai laptop cepat habis. Kecerahan monitor yang tajam, dan soaknya baterai akibat terlalu sering di charger juga salah satu faktor cepat habisnya baterai laptop. Tetapi jika anda memiliki kondisi baterai yang masih bagus namun daya tahan baterainya juga cepat habis, jangan takut. Anda bisa mencoba beberapa tips yang telah kami rangkum di bawah ini.

Di masa kini, Pengguna Komputer atau PC lebih meminati Laptop, selain praktis Laptop juga merupakan alat kerja yang sudah berkembang seiring dengan perkembangna teknologi. Namun permasalahan yang sering dikeluhkan oleh pengguna Laptop yaitu baterai yang boros. Walaupun saat ini sudah ada Laptop yang memilioki ketahanan baterai hingga 10 jam, akan tetapi permasalahan ini menjadi permasalahan utama apabila menggunakan komputer laptop.

  • Kurangi Cahaya Monitor
    untuk menghemat energi baterai,coba anda untuk mengurangi cahaya monitor sampai batas toleransi yang sesuai mata anda. Karena cahaya yang terlalu terang tentu juga akan mengurangi konsumsi lebih banyak daya baterai.
  • Matikan Program yang Tidak Diperlukan
    Dekstop search,iTunes, dll Merupakan salah satu contoh program yang menambah beban bagi CPU dan baterai. Saat anda menggunakan laptop dengan baterai sebaiknya matikan program yang tidak diperlukan.
  • Menambah Kapasitas RAM
    Ini merupakan cara yang efisien bagi anda yang sering menjalankan program dengan memori yang besar, daripada memakai virtual memori yang lebih membebani hard drive sehingga membuat daya baterai laptop lebih cepat habis.
  • Kurangi MEnggunakan CD/DVD
    Walaupun tidak digunakan, sebaiknya sebisa mungkin anda memanfaatkan virtual drive sehingga anda tidak perlu menyimpannya di CD/DVD melainkan anda bisa mengakses file yang anda inginkan secara online. Karena CD/DVD lebih banyak mengkonsumsi daya baterai.
  • Defrag Secara Teratur
    Buat hard drive anda anda lebih efisien dengan melakukan disk defragment secara teratur, Maka kinerja harddsik yang semakin cepat juga akan menghemat daya baterai.

Tips dan Cara Mudah Menghemat Baterai Laptop

Anda juga bisa mengaktifkan mode battery saver, dan kamu juga harus mengubah power plan ke Power Sarver supaya laptop hemat baterai. Caranya klik kanan ikon baterai > Power Option > Ubah ke Power Server.

Dengan begitu anda bisa menggunakan laptop tanpa charging dalam waktu yang cukup lama, Namun performa laptop Windows 10 akan turun.

 

Demikian tips singkat yang bisa kami bagikan kepada anda pengguna laptop, silahkan dicoba. Dan semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *