Daftar Smartphone Terbaik Di Tahun 2018

Smartphone adalah telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Bagi yang lainnya, Smartphone hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat penyambung VGA. Dengan kata lain, Smartphone merupakan komputer kecil yang mempunyai kemampuan sebuah telepon. Namun, smartphone ini sangat banyak macam-macamnya dan disetiap bulanya smartphone ini mengeluarkan versi smartphone yang terbaru.

Demikian juga dengan pasar smartphone di Indonesia yang terus tumbuh. Bahkan beberapa smartphone lokal juga tidak gentar untuk bersaing di tengah derasnya smartphone keluaran vendor global. Nah, bagi Anda yang berencana mencari smartphone dalam waktu dekat ini, ada baiknya untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang smartphone yang Anda idamkan. Berikut adalah smartphone terbaru dan terbaik di tahun 2018.
1. Vivo V9

Vivo V9 berhasil menyingkirkan OPPO F5 dan menjadi smartphone paling dicari. Vivo V9 yang dirilis di Indonesia pada akhir Maret 2018 lalu menawarkan desain smartphone kekinian yang sempurna dengan layar FullView 6.3 inci beresolusi full HD+ dan juga desain poni atau notch di atas layarnya. Vivo V9 juga berbekal chipset Snapdragon 450, RAM 4GB, ROM 64GB, serta baterai 3,260 mAh yang memberikan performa cukup baik, untuk multitasking dan gaming. Namun point selling terbesar Vivo V9 ada pada kamera selfienya yang beresolusi 24MP yang berbekal teknologi kecerdasan buatan AI Selfie dengan dukungan fitur AI Face Beauty, AI Selfie Lighting, dan AR Sticker. Paras Anda dijamin bisa lebih cantik dan mulus. Smartphone ini juga mengusung dual kamera 13MP+2MP AI bokeh yang maksimal. Keamanannya juga lebih terjamin dengan dukungan AI Face Access untuk sensor wajah.

Kelebihan: Kamera 25MP AI selfie, dual kamera utama 13MP+2MP AI Bokeh, prosesor Snapdragon 450, AI Face Access.

Kekurangan: Tanpa sertifikasi IP68 anti debu, baterai masih 3,260 mAh, bodi belakang polikarbonat dan tanpa NFC.

2. OPPO F5

OPPO F5 harus rela tersingkir dari posisi puncak ke peringkat ke-2 pada bulan April 2018 lalu. Meski sudah dirilis tahun lalu, namun OPPO F5 masih saja menjadi smarthphone Selfie Expert yang banyak diidamkan. Hadir dengan layar 6 inci full screen yang telah dilapisi pelindung Gorilla Glass 5, sensor sidik jari, dan juga kamera selfie 20MP yang dibekali teknologi facial recognition. Performanya juga layak diandalkan, baik untuk multitasking dan gaming.

Kelebihan: Layar 6 inci full screen, kamera selfie 20MP luar biasa, performa tangguh, baterai awet.

Kekurangan: Bodi material plastik, tanpa fast charging, tanpa USB Type-C dan sertifikasi IP68 anti air dan debu.

3. Xiaomi Redmi Note 5 pro

Smartphone yang kali ini telah berhasil bertahan di posisi ke 3, Xiaomi Redmi Note 5 Pro masuk di daftar smartphone terbaik kami. Xiaomi Redmi Note 5 Pro memiliki desain kekinian dengan layar FullView display 5.99 inci beresolusi full HD+ 1080 x 2160 pixel dan aspek rasio 18:9. Hadir sebagai smartphone dual kamera vertikal pertama Xiaomi dengan sensor 12MP+5MP yang kaya fitur dan menghasilkan efek bokeh menawan. Kamera selfienya juga tampil powerful dengan resolusi 20MP yang tentu saja menghasilkan gambar yang maksimal. Performa Redmi Note 5 Pro ditenagai prosesor Snapdragon 636, RAM hingga 6GB, serta baterai jumbo 4,000 mAh. Redmi Note 5 Pro juga telah dibekali sensor sidik jari dan sensor wajah.

Kelebihan: Layar FullView 5.99 inci full HD+, baterai jumbo, RAM hingga 6GB, prosesor tangguh, sensor sidik jari dan dukung sensor wajah.

Kekurangan: Kamera selfie hanya 5MP tanpa LED flash, layar masih LCD, belum Android 8, tanpa dukungan IP68 anti air dan debu.

4. Xiaomi Redmi 5A

sejak awal Januari 2018 lalu. Bulan April lalu Xiaomi Redmi 5A bertengger di posisi ke-4, naik dua peringkat dari bulan sebelumnya. Xiaomi Redmi 5A menawarkan layar 5 inci HD, serta disokong prosesor Snapdragon 425, RAM 2GB, dan ROM 16GB. Sektor kameranya juga cukup bagus dengan kamera utama 13MP dan kamera selfie 5MP. Sementara HP low-entry sekelasnya bisa dibanderol dengan harga lebih mahal, namun Redmi 5A justru harganya lebih murah. Hingga saat ini Redmi 5A begitu laris di Indonesia.

Kelebihan: Harganya super murah, sektor kamera bagus, baterai awet dan memadai, ada IR Blaster untuk remote, LED notifikasi, performa gaming bagus.

Kekurangan: Layar masih HD, bodi plastik, tanpa pelindung layar, tanpa sensor sidik jari dan fast charging. Tidak mendukung konten VR, kamera depan 5MP tanpa screen flash, speaker ada di belakang.

5. Xiaomi Redmi Note 5

Langsung menembus peringkat ke-5, Xiaomi Redmi Note 5 mendapatkan sambutan hangat saat pertama dirilis di Indonesia pada April 2018 lalu. Hadir dengan chipset Snapdragon 636 yang lebih efisien, smartphone berlayar 5.99 inci full HD+ ini juga telah ditanami dengan teknologi kecerdasan buatan AI pada sektor kameranya. Dengan dual kamera utama 12MP+5MP f/1.9 yang mampu menangkap lebih banyak cahaya dan efek bokeh menawan dengan Portrait Mode, Xiaomi Redmi Note 5 ini lebih unggul dibanding versi India, kamera depannya 13MP dengan bukaan f/2.0. Tersedia dalam model RAM 3GB/4GB dan ROM 32GB/64GB, serta RAM bertipe LPDDR4X yang lebih hemat daya, HP ini merupakan perangkat Redmi pertama berbekal fitur Face recognition. Baterainya juga cukup jumbo 4,000 mAh.

Kelebihan: Harga terjangkau, Redmi pertama dengan Face recognition, chip Snapdragon 636, sudah dual kamera utama, efek bokeh menawan, hemat daya, performa game mulus.

Kekurangan: Belum dilengkapi port USB Type-C untuk proses transfer data yang lebih cepat.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *