Jenis-Jenis Kerusakan Pada Komputer & Laptop

Jenis-Jenis Kerusakan Pada Komputer & Laptop

Kebanyakan para pengguna komputer baik itu PC atau Laptop tentunya pernah mengalami kendala atau gangguan kerusakan pada perangkat, baik itu kerusakan karena tidak sengaja, baik itu kelalaian atau kecerobohan, karena kurang pemahaman, karena faktor usia komponen atau suku cadang dan kerusakan karena unsur kesengajaan. Selanjutnya langsung saja simak beberapa kerusakan yang secara umum sering sobat temui, semoga dengan artikel ini dapat membantu dalam mengatasi masalah – masalah pada perangkat Komputer sobat.

Komputer Tidak Mau Hidup

Kerusakan jenis ini biasanya disebabkan oleh banyak faktor, dan untuk mengetahui kemungkinan kerusakan jenis ini sobat bisa melakukan diagnosa kesalahan dengan cara melakukan pengecekan sbb:

  • Sambungan kabel yang terhubung dari power outlet ke tombol power pada PC
  • Periksa fungsi dari stabilizer apakah komponen ini bekerja dengan baik atau tdak jika perangkat sobat memakai stabilizer
  • Periksa kabel power yang terdapat pada CPU

Apabila permasalahan diatas belum juga terselesaikan kemungkinan besar kerusakan terjadi pada komponen Power Supply atau bisa juga Mainboard.

Komputer bisa Booting tetapi selalu mengalami proses boot “Safe Mode “

Kesalahan seperti ini bisa kita atasi dengan cara merestart kembali komputer kita, apabila masih belum menyelesaikan masalah artinya sobat harus  install ulang Sistem Operasi, dan apabila masih belum bisa terselesaikan juga biasanya terjadi kerusakan pada Hard Disk, anda bisa mengecek kondisi hardisk dengan menggunakan sofwate scan disk.

Komputer tidak dapat mengenali Mouse

Untuk kesalahan pada jenis ini langkah yang sobat lakukan sama dengan langkah atau cara seperti pada nomer 5

Terjadi permasalahan pada Mouse Pointer

Hal ini biasanya terjadi dikarenakan Mouse yang anda pakai kotor, bersihkan mouse anda, atau apabila anda menggunakan mouse optik biasanya hal ini disebabkan oleh alas mouse yang tidak rata, goyang, atau bisa juga alas yang anda gunakan permukaannya mengkilap.

Sering terjadi Crash pada perangkat Komputer Anda

Kesalahan jenis ini biasanya disebabkan oleh banyak faktor, anda bisa mengecek semua posisi harware, kabel,serta tegangan pada casing, kemudian anda bisa juga mengecek suhu pada CPU dan juga cek Ram, VGA dan juga Processor.

Cara Melacak Kerusakan yang terjadi pada Card Maintboard.

Untuk dapat melacak Card sobat bisa melakukannya dengan mencabut kemudian menancapkan kembali ke beberapa card yang terdapat pada Maintboard anda, apabila proses booting berhasil maka komponent card anda tidak mengalami masalah begitu juga sebaliknya. apabila proses booting gagal berarti ada kemungkinan Card yang Anda pasang bermasalah.

Processor Baru Tidak Terdeteksi

Permasalahan ini bisa sobat atasi dengan mengecek apakah prosesor yang sobat pasang sudah tertancap dengan benar atau belum, cek juga posisi jumper pada processor, atau periksa lagi manual booknya

RAM Baru Tidak Terdeteksi Dan Mengalami Crash

Kesalahan ini biasa terjadi setelah sobat memasang RAM baru, kemungkinan kesalahan akibat RAM tidak kompatibel dengan perangkat komputer anda, cara mengatasinya cabut ram dan pasang kembali.

Pastikan slot pada perangkat komputer anda sesuai dengan jenis RAM, contohnya : SD RAM memiliki slot yang hampir sama dengan RD RAM tetapi RD RAM, tidak bisa terdeteksi meskipun bisa dipasang pada slot jenis SD RAM.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Layar Pada Smartphone Android

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *