Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Komputer

Komputer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengolah data atau informasi. Komputer ini digunakan sehari-hari untuk berbagai kebutuhan, sehingga pengertiannya pun sangat penting untuk diketahui. Kerusakan pada komputer terdiri dari 2 kategoryi, yaitu kerusakan pada perangkat keras (Hardware) dan kerusakan pada perangkat lunak (Software). Kerusakan pada Hardware langsung menyentuk pada perangkat elektronik yang ada di dalamnya, sedangkan Saftware terjadi karena kerusakan sistem operasi atau kerusakan pada program aplikasi lainnya.

1. Kerusakan pada power supply

Gejala yang sering terjadi pada komputer adalah power Supply, kerusakan pada Power Supply memang sering terjadi pada komputer karean kipas power Supply tidak berputar. Gejalanya setelah dihidupkan PC tidak Bereaksi Apa-apa, tidak ada tampilan pada monitor. Sangat banyak sekali para pengguna komputer yang mengalami gejala-gejala kerusakan apa komputer ada solusi untuk mengatasi masalah pada perangkat tersebut yaitu Periksalah apakah kabel terhubung dengan benar dan steker terpasang dengan baik pada soketnya, periksa juga apakah ada tombol on/off dibelakang tepatnya dibelakang Power Supply sudah dalam posisi On, Jika sudah yakin terpasang dengan benar tapi tetap tidak ada respon untuk meyakinkan silahkan anda ganti kabel power dengan yang anda yakini bagus. Masalah terjadi karena tidak adanya tegangan listrik yang masuk, kerusakan ada pada kabel power.

2. Kerusakan Pada Motherboard

Kerusakan kali ini adalah Motherboard, biasanya kerusakan ini paling sering terjadi pada komputer seperti setelah dihidupkan komputer dan tidak ada tampilan di monitor, dan sering juga terjadi seperti lampu indikator berkedip-kedip. Kerusakan tersebut juga dapat diatasi dengan cara:

Langkah pertama lepas semua kabel power yang terhubung ke listrik, kabel data ke monitor, kabel keyboad/mouse, dan semua kabel yang terhubung ke CPU, kemudian lepas semua sekrup penutup cashing. Dalam keadaan casing terbuka silahkan anda lepaskan juga komponen-komponen lainnya, yaitu kabel tegangan dari power supply yang terhubung ke Motherboard, harddisk, floppy, hati-hati dalam pengerjaannya jangan terburu-buru. Begitu juga dengan Card yang menempel pada Mboard (VGA, Sound atau Card lainnya). Sekarang yang menempel pada cashing hanya MotherBoard saja. Silahkan anda periksa Motherboadnya dengan teliti, lihat Chip (IC), Elko, Transistor dan yang lainnya apakah ada yang terbakar.

Jika tidak ada tanda pada komponen yang terbakar kemungkinan Motherboart masih bagus, tapi ada Boart tidak jalan karena kerusakan pada program yang terdapat di BIOS.

3. Masalah BIOS

Untuk masalah ini kalian harus hari-hari karena pada saat Update Bios sangat sering terjadi masalah dan bisa menjadi kerusakan pada komputer karena tidak tidak jalan bahkan tidak dapat masuk ke BIOS.

Solusinya untuk kerusakan pada BIOS adalah Biasanya Update tidak dapat dibatalkan, hanya jenis Motherboard tertentu yang memiliki backup BIOS pada Chip-nya, Disitu tersimpan jenis asli BIOS yang tidak dapat dihapus, untuk dapat merestore-nya anda tinggal memindahkan Posisi Jumper khusus yang biasanya sudah ada petunjuk di buku manualnya. Kemudian hidupka PC dan tunggu 10 detik, BIOS yang asli telah di Restore, kembalikan Posisi Jumper pada posisi semula, dan PC siap dijalankan kembali. Jika Motherboard tidak memiliki pasilitas tersebut, Chip BIOS harus dikirim ke Produsen, Jenis BIOS dapat anda lihat di buku manualnya. Berhati-hati dalam pemasangannya jangan sampai kaki IC BIOS patah atau terbalik posisinya.

4. Batrey Cmos Rusak / Lemah

Kerusakan selanjutnya adalah Batrey sering sekali pada komputer yang terjadi masalah pada Batrey. Masalah ini sering ditimbul kan dari munculnya pesan CMOS Checksum Vailure / Batrey Low, diakibatkan tegangna yang men-supply IC CMOS/BIOS tidak normal dikarenakan batrey lemah, sehingga settingan BIOS kembali ke Default-nya/setingan standar pabrik, dan konfigurasi Hardware harus di Set ulang. Dan solusimy adalah anda harus menganti Batrey yang baru. Apabila anda tidak mengganti Batrey fungsi batrey akan membahayakan perangkat anda pada komputer.

Demikian dengan Artikel ini tentang kerusakan yang sering terjadi pada komputer dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan dapat terhindar dari kerusakan pada komputer anda.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *