Macam-Macam Kerusakan Hp Dan Cara Mengatasinya

Macam-Macam Kerusakan Hp Dan Cara Mengatasinya

Handphone atau sering disebut juga telepon genggam adalah suatu perangkat telekomunikasi elektronik dua arah yang dapat dibawa kemana-mana dan tidak perlu menggunakan kabel. Namun handphone sudah dikategorikan sebagai barang mewah.

Hamper semua orang memiliki handphone dengan kualitas yang berbeda-beda dimana kerusakan yang sering terjadi pada handphone sering kali terjadi. Sangat banyak orang-orang mengandalkan handphone sebagai alat media untuk bermain game da nada juga orang menggunakan handphone sebagai alat telekomunikasi untuk bekerja sehari-hari.

Kerusakan yang sering terjadi pada handphone bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja. Biasanya kerusakan handphone yang sering terjadi contohnya, kiriman pesan sering gagal, mati totol,dual GSM, hal itu berlaku pada handphone canggih atau handphone biasa. Berikut adalah contoh kerusakan yang sering terjadi pada handphone dan cara mengatasinya.

1. Restart Blank

Biasanya karena adanya kesalahan firmware atau konslet ringan pada IC Audio, speaker, Camera, Memory card atau IC Flash dan CPU yang lemah.

Kerusakan tersebut bisa diakibatkan oleh beberapa hal yang ada di bawah ini:

=>Disebabkan kondisi hardware handphone yang tidak berfungsi baik

=>Diakibatkan oleh software atau operating system yang tidak berjalan dengan normal.

Cara mengatasi:

=>Untuk mengetahui kerusakannya, gunakan AVO meter untuk mencari konslet ringannya dan deteksi cpu dan ic flash melalui Flasherbox.

=>Jika sudah melakukan format dan flashing hp masih restart coba rehot atau reball cpu atau ic flash atau jika diperlukan rehot/reball keduanya.

Untuk kasus Blank atau Blink, jika layar masih bagus cukup lakukan format atau Flashing.

2. Display/Touch Screen

Biasanya disebabkan karena kesalahan Hardware dan software pada saat pemasangan pada HP.

Cara mengatasi:

Jika Touchscreen tidak berfungsi jangan lakukan format atapun Flashing jika tidak ada fasilitas Touch screen calibrating pada Flasher, tapi bila cara ini sudah terlanjur coba ganti dengan layar normal dan lakukan kalibrasi dan layar diganti kembali tapi bila cara ini sudah terlanjur coba ganti dengan layar normal dan kalibrasi dan layar diganti kembali.

3. Pesan Erorr / Kirim Pesan Sering Gagal

Biasanya karena kesalahan Hardware dan juga software yang dipasangkan pada Hp.

Cara mrngatasi:

Untuk kesalahan Hardware lakukan replace IC PA atau IC RF atau IC CPU tapi ini jarang terjadi.

=> Untuk kesalahan software cukup lakukan format atau flashing dengan begitu hp bisa di gunakan kembali.

4. Mati Total

Cara mengatasi:

=>Untuk kerusakan hardware coba periksa batrai, konektor batre, IC CPU, dan IC FLASH. Cukup lakukan rehot atau reball tapi jika masih matot, replace (ganti) IC CPU atau IC Flash.

=> Untuk kesalahan software cukup lakukan format atau flashing saja periksa interface mmc, beberapa kasus mmc konslet hp tidak bisa boot.

=> Periksa keypad/on off.

=> Coba tekan ic power dengan jari, kemudian nyalakan. Jika hidup, lakukan rehot ic power.

Demikianlah penjelasan mengenai kerusakan yang sering terjadi pada handphone, semoga anda dapat memahami secara detail. Bukan hanya sekedar menggunakannya saja, tetapi juga mengetahui asal mula diciptakannya media tersebut.

Baca juga: Kerusakan Hardware Pada Handphone Atau Smartphone

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *