Mengenal Jenis Layar Pada Smartphone

Mengenal Jenis Layar Pada Smartphone

Mengenal Jenis Layar Pada Smartphone – Hal pertama yang menarik perhatian para pengguna smartphone android saat ini pastilah bagian layar smartphone yang dimana terdapat beberapa jenis layar yang dipakai oleh beberapa vendor dengan berlomba-lomba mengadopsi jenis layar yang akan membuat mereka bisa bersaing dalam pasaran smartphone android. Fungsi pada sebuah layar smartphone adalah sebagai input sekaligus output yang mana bisa menjalankan perintah, sekaligus menampilkan hasil perintah yang sedang dijalankan.

Mengenal Jenis Layar Pada Smartphone

Masing-masing jenis layar tentunya memiliki spesifikasi yang berbeda satu sama lain, seperti tingkat sensitivitasnya, kerapatan layar, hingga konsumsi baterai pun berpengaruh terhadap kualitas dalam sebuah layar smartphone. Namun bagus tidaknya layar yang ada pada smartphone itu tergantung dari gadget itu sendiri, semakin canggih gadget maka juga dibarengi dengan kualitas layar yang bagus.

Dibawah ini jenis-jenis layar pada smartphone :

TFT atau LCD TFT
Jenis layar pada smartphone yang satu ini, memiliki kelebihan yang mana mampu dengan baik menampilkan berbagai macam jenis warna warni secara alami. TFT atau yang memiliki kepanjangan Thin Film Transistor ini adalah pengontrol yang mampu mengatur pergerakan Kristal yang cair pada sebuah layar LCD. Akan tetapi untuk jenis layar yang satu ini, masih mengkonsumsi banyak daya energy. Untuk jenis smartphone yang mengadopsi layar berjenis ini adalah smartphone berbudget murah.

IPS LCD
IPS atau bisa disebut sebagai In Plan Switching merupakan salah satu jenis layar yang mana mampu memberikan sudut pandang yang bisa lebih lebar dari jenis layar LCD TFT. Keunggulan dari layar berjenis ini adalah, bisa dilihat walaupun hanya dari arah samping sekalipun. Karena jenis layar pada smartphone android yang sebelumnya, belum memiliki keunggulan yang demikian. Layar IPS LCD banyak di adopsi oleh berbagai vendor dari harga murah hingga mahal.

Super LCD
Jenis layar ini adalah tipe layar yang di kembangkan oleh HTC, dimana hampir semua smartphone mahal besutan HTC menggunakan tipe layar ini. Super LCD di buid tanpa ada celah udara antara elemen layar dan kaca luar. Sehingga cahaya yang hasilkan sedikit lebih redup tapi tampak lebih dekat dengan mata pemakai ponsel. Super LCD juga memiliki visibilitas yang bagus saat berada di tempat terbuka dan saat berhadapat langsung dengan cahaya. Layar tipe Super LCD ini memiliki kelebihan hemat baterai.

OLED
Layar tipe OLED atau Organic Light-Emitting Diode teknologi ini memiliki cahaya yang terang dan hemat daya dibanding LCD. OLED juga memerlukan cahaya listrik untuk menghasilkan warna putih dan warna lain, kecuali untuk warna hitam. Kelemahan layar tipe OLED adalah intensitas warna hijau yang berlebihan pada (oversaturated), yang mengakibatkan warna hijau menjadi lebih putih atau lebih gelap sehingga menghilangkan warna aslinya. Biaya produksi untuk membuat layar OLED juga lebih mahal dari pada biaya membuat layar LCD.

AMOLED
Active Matrix Organix Light Emitting atau AMOLED ini, merupakan salah satu teknologi layar hasil kembangan dari layar berjenis OLED, yang mana mampu menghasilkan cahaya jika dialiri oleh aliran lisrik. Untuk segi tingkat kecerahannya, layar berjenis ini, memiliki tingkat kecerahan yang baik. Namun saat ini, untuk layar berjenis AMOLED masih memiliki harga yang relative mahal, dan hanya beberapa smartphone yang memiliki kualitas super yang mengadopsi jenis layar yang satu ini.

Super AMOLED
Super AMOLED merupakan salah satu jenis layar smartphone yang merupakan hasil pengembangan dari layar AMOLED. Salah satu kelebihan dari jenis layar yang satu ini adalah memiliki kemampuan dalam hal sensor sentuh yang mampu terintegrasi. Untuk visibility nya memiliki kemampuan yang lebih bagus, bahkan untuk kondisi dalam keadaan yang bercahaya sekalipun. Kebanyakan smartphone yang mengadopsi layar berjenis ini merupakan smartphone dengan kualitas premium.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *