Mengenali Jenis Layar Smartphone

Mengenali Jenis Layar Smartphone

Layar atau display adalah salah satu komponen yang sangat penting dari sebuah smartphone atau gadget. Jika kualitas layar yang ditampilkan rendah dan tidak memuaskan, setinggi apapun spesifikasinya tentu akan terasa hambar. Karena layar atau display adalah salah satu faktor yg sangat penting dalam memilih smartphone atau gadget. Dari sekian banyak smartphone yang ada, smartphone touchscreen menjadi jenis yang paling banyak digunakan di dunia dan mengalahkan jenis lainnya seperti qwerty, flip, slide dan sebagainya.

Touchscreen pun ada beberapa jenis, dengan LCD, TFT, IPS, RETINA, OLED, AMOLED, dan super Amoled. Touchscreen merupakan Layar yang berfungsi menerima sentuhan atau inputan, sedangkan LCD dan yang lainnya merupakan panel layar yang berungsi menampilkan gambar atau display. Jadi Touchscreen dan LCD biasanya satu paket, ada yang terpisah ad juga yang menyatu seperti halnya teknologi OGS ( One Glass Solution ).
Dari pembahasan di atas,kami telah merangkum beberapa jenis dan type layar smartphone berdasarkan kelebihan dan kekurangannya.

  • LCD ( Liquid Crystal Display )

Memiliki elemen yang terdiri dari lapisan crystal untuk menghasilkan warna yang dibantu dengan cahaya blackligth. Teknologi ini sangat bagus karena bisa menampilkan gambat cukup baik dibawah sinar matahari langsung,karena sumber dari latar belakang

  • Kekurangan LCD Warna yang dimiliki kurang terang
    Boros daya baterai
    Saturasi kurang baik
    Viewing angel sempit
  • TFT LCD(Thin Film Transistor)
    Jenis ini menawarkan resolusi yang sangat tinggi
    Kualitas layar sedikit lebih baik dari LCD
  • Kelemahan TFT LCD
    Sangat boros daya baterai, sehingga baterai cepat habis
    Sudut pandang sempit ketika dibawah sinar matahari.
    Kualitas gambar pas-pasan

Mungkin dari beberapa pengguna smartphone tidak begitu mementingkan spesifikasi dari ponsel atau handphone genggam yang mereka beli, namun ada beberapa juga yang memang sangat teliti untuk memilih dan membeli smartphone dengan melihat spesifikasi dari smartphone itu sndri. Terlebih mengenai layar dari smartphone yang akan kita beli. Mata akan terasa tidak nyaman jika kita menggunakan smartphone yang memiliki tingkat ketajaman dan tampilan pada layar smartphon. Jadi pintarlah memilih smartphone yang hendak kali pakai supaya mata anda tidak bosan untuk menatap layar smarthpon anda

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *