Tips Mengatasi Data Yang Hilang Atau Terhapus Di Komputer

Tips Mengatasi Data Yang Hilang Atau Terhapus Di Komputer

Apapun alasannya ketika data terhapus di Komputer atau Laptop sempat membuat kita panik. Kepanikan ini semakin memuncak jika ternyata data tersebut adalah data yang sangat penting. Awalnya kita santai saja sebelum kita menyadari bahwa file tersebut sudah tidak ada di Komputer. Setelah kita sadar ketika akan membutuhkan file itu dengan seketika kita kaget, karena ternyata data tersebut sudah tidak berada di tempatnya lagi.

1. Cek Forder Recycle Bin

Recycle Bin merupakan fitur bawaan yang secara otomatis terpasang di komputer jika Anda menggunakan sistem operasi Windows. Folder in merupakan kumpulan file atau data yang terhapus secara sengaja maupun tidak. Jika file tersebut masih ada di Recycle Bin, anda bisa cukup klik kanan lalu pilih Restore, maka secara otomatis data akan kembali ke tempat awal file tersebut disimpan, dan Anda bisa menggunakan data tersebut.

2. Gunakan Sofware Khusus Jika Diperlukan

Untuk mengembalikan data Anda, bisa anda lakukan dengan cara terakhir ini adalah dengan menggunakan software khusus recovery data. Ada banyak software yang dapat Anda gunakan baik gratis maupun yang berbayar, seperti Recuva, MiniTool Partition Recovery, Wise Data Recovery, dan PC Inspector File Recovery.

Tips mengamankan data Anda dari kemungkinan hilang atau terhapus

Terhapus atau hilangnya data merupakan hal diluar dugaan yang sering terjadi. Terutama bagi Anda yang aktif menggunakan Komputer dalam kegiatan sehari-hari. Ada baiknya Anda mengikuti tips berikut agar kehilangan data tidak terjadi pada Anda.

Baca juga: 

Lakukan Back-up data berkala di tempat berbeda dari Komputer.

Sepele namun penting. Banyak yang meremehkan manfaat dari melakukan back-up data secara berkala. Namun hal tersebut merupakan hal yang penting dan harus dilakukan terutama jika data-data yang Anda miliki merupakan data krusial seperti data penting perusahaan, data skripsi, dll. Lakukan back-up data paling tidak satu bulan sekali kedalam penyimpanan cadangan seperti flashdisk, CD/DVD Room, Harddisk, dll. Sehingga saat terjadi data hilang atau rusak akibat virus. Anda cukup salin kembali dari riwayat back-up.

Gunkan teknologi Cloud Computing.

Cara lain untuk mengamankan data Anda adalah dengan menggunakan teknologi terkini yaitu Cloud Computing. Dengan Cloud, data Anda akan tersimpan di server online sehingga terhindar dari hilangnya data akibat virus, system error, bencana alam, dll, seperti yang dimiliki oleh Microsoft Azure. Layanan cloud computing besutan Microsoft ini merupakan salah satu layanan solusi cloud computing yang terpercaya karena fitur-fitur powerful yang dibawanya sekaligus teknologi cerdas Machine Learning yang mampu beradaptasi dan memberi prediksi analitis data custom Anda.

Ada baiknya, jika data tersebut sangat penting, konsultasikan kepada IT Consultant terpercaya seperti EIKON Technology yang bertindak sebagai Partner Microsoft Indonesia. Dengan demikian Anda telah mengurangi resiko kehilangan data yang mungkin saja berakibat fatal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *