Tips Menginstal Komputer Dengan Baik dan Benar

Tips Menginstal Komputer Dengan Baik dan Benar

Komputer secara umum telah dikenal di seluruh penjuru dunia. Pada umumnya orang hanya mengetahui bagaimana dalam pengoperasiannya, minim orang yang tau bagaimana memperbaiki komputer bila terjadi masalah. Berikut ini saya akan berbagi tips tentang jika terjadi kerusakan pada OS yang dilakukan adalah menginstal ulang komputer anda, Simak tips berikut ini.

Tips Menginstal Komputer Dengan Baik dan Benar

Cara Menginstal Komputer:

1. Cek Kelengkapan Hardware
Apakah komponen komputer Anda sudah terkait dengan benar, lengkap, dan memenuhi persyaratan minimal untuk menginstal sistem operasi tertentu. Tujuan dari semua komponen itu terkait dengan benar agar nantinya sistem operasi dapat otomatis mendeteksi secara dini perangkat-perangkat komputer yang anda miliki.

2. Instal Baru (fresh install) atau Instal Ulang (reinstall)
Proses instal menjadi lebih mudah dan cepat jika dilakukan pada komputer baru. Juka yang akan anda lakukan adalah instal ulang( karena sistem operasi sebelumnya sudah bermasalah atau ingin berganti sistem operasi lain), maka pastikan data-data file dokumen, gambar, foto, gilm dan sebagainya yang telah anda miliki sudah anda back uo dalam keping CD, Flash disk, atau minimal berada dilokasi yang berbeda dengan partisi harddisk untuk instalasi nantinya.

3. Tentukan Sistem Operasi yang Akan Anda Instal ke Komputer.
Apakah anda ingin menginstal OS Windows Xp( Windows terpopuler), Windows 7( Windows terbaru), atau menginstal Ubuntu Linux ( sistem operasi gratis/ opensource). Jika ingin menginstal Windows, pastikan Anda telah menyiapkan CD original dari Windows yang anda beli, termasuk mencatat no seri yang harus diisikan saat proses instal komputer berjalan. Anda bisa mempertimbangkan menggunakan sistem operasi Ubuntu karena bersifat gratis dan lengkap dengan program aplikasi pendukungnya. Jika komputer anda tidak memiliki drive CD/DVD, maka pertimbangan apakah Andah perlu membeli/meminjam drive CD/DVD eksternal atau menggunaka flashdisk sebagai sumber instalasinya.

4. Persiapkan CD Drive
Setelah sistem operasi terinstal ke komputer, kemungkinan tampilan layar komputer
belum optimal, tidak ada suara, printer tidak dapat digunakan. Anda akan memerluka CD atau disket driver untuk menginstal driver VGA dan sound card, driver printer, serta driver pendukung lainnya. Jika tidak punya, anda juga bisa mendownloadnya disitus internet produsen hardware terkain atau menggunakan mesin pencari.

5. Sediakan Software dan Program Aplikasi Komputer yang Anda Perlukan
Selain Sistem Operasi, pastinya anda juga memerlukan program Office, software desain, antivirus, aplikasi pembantu internet, game, dan tool perawatan komputer lainnya.

6. Tambahkan program lain sesuai kebutuhan
Anda mungkin ingin mengetahui cara menginstal font, memasang flash player, PDR reader, bahakan instasi tool pengembangan seperti XAMPP untuk merancang website.

7. Buang sofware yang tidak diperlukan
Uninstall program-program yang telah Anda instal sebelumnya. yang tidak anda gunakan lagi agar komputer anda tidak terbebani dengan software yang tidak dnda gunakan.

Tahapan-tahapan diatas perlu anda lakukan agar komputer anda dapat berjalan seperti yang anda inginkan. Semoga sukses dalam menginstalasi komputer anda dengan mengikuti langkah-langkah diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *