Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia

Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia

Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia hingga saat ini dengan total nilai kerugian yang dibuatnya. Virus ini menyerang beberapa komputer dengan jaringan internet atau terhubung satu sama lainnya. Dalam sejarah yang tercatat hingga saat ini, ada beberapa jenis Virus komputer yang berdampak sangat besar sehingga menyebabkan kerugian bagi para pengguna perangkat elektronik ini.

1.CIH (1998)

CIH merupakan sebuah virus yang pernah dilepaskan di Taiwan dengan total kerugian mencapai 20-80 juta dolar akibat virus ini. Total komputer yang dirusak oleh virus ini tidak terdata karena terlalu banyaknya jumlah kerusakan yang dibuat oleh virus ini. Pada saat itu, virus ini merupakan sebuah virus yang paling berbahaya dan juga sangat merusak. Jenis virus ini menyerang file-file yang terdapat pada Windows 95, Windows 98 dan ME.

Virus ini akan berdampak pada hard drive PC sehingga menyebabkan kerusakan yang sangat fatal hingga tidak dapat digunakan. Selain itu virus ini juga menyerang BIOS hingga tidak dapat booting-up dan juga virus ini dapat menyebar ke PC lainnya melalui software didalam jaringan. CIH ini dikenal dengan nama virus Chernobyl karena peluncuran virus ini bertepatan dengan tragedi Chernobyl pada saat itu. Namun untuk penanganan virus ini sekarang sudah bukan menjadi sebuah virus yang berbahaya lagi.

2.Melissa (1999)

Pada tahun 1999 sempat heboh dengan sebuah virus yang diberi nama W97M / Melissa yang diberitakan diseluruh dunia dan berhasil merusak sekitar 15-20rb PC untuk tipe bisnis. Penyebaran virus ini terbilang sangat cepat sekali sehingga beberapa perusahaan besar seperti Intel, Microsoft dan lainnya yang memakai Outlook terpaksa harus menonaktifkan sistem e-mail yang mereka miliki untuk dapat mengatasi masalah ini.

3.ILOVEYOU (2000)

Virus yang satu ini memang tedengar cukup unik karena diberi nama ILOVEYOU, virus ini hampir serupa dengan virus Melissa karena menyerang melalu kontak Microsoft Outlook. Cara virus ini menyerang adalah dengan mengirimkan email dengan subjek “ILOVEYOU” dan dengan lampiran khusus. Virus ini sangat merusak karena dapat menciptakan salinan beberapa dokumen, file musik dan gambar serta merusak dokumen aslinya. Parahnya lagi, virus ini akan melakukan penyebaran ID dan password yang digunakan pada PC tersebut. Kerugian yang dibuat karena virus ini mencapai 15 miliar dolar.

4.Code Red (2001)

Virus ini menyebar pada komputer-komputer di tahun 2001. Virus jenis ini menyerang IIS (server informasi internet) yang dimiliki Microsoft. Code Red ini dibuat untuk alasan merusak situs web yang lemah dengan kerusakan yang sangat fatal dan kemudian meninggalkan pesan “Hello! Welcome to ……….”

Virus ini menyebar dengan sangat cepat dan berhasil menyerang kurang lebih 400rb server dan termasuk didalamnya adalah website White House.

5.SQL Slammer (2003)

Virus ini sukses dalam menyerang aktivitas online di Korea Selatan saat itu selama lebih kurang 12 jam. SQL Slammer juga dikenal dengan nama Sapphire, virus ini sangat berbahaya untuk lalu lintas global dan juga menyerang server. Hanya dalam 10 menit saja virus ini sudah berhasil menyerang 75rb komputer.

6.Blaster (2003)

Virus ini cukup menghebohkan dunia IT pada tahun 2003 lalu, kala itu merupakan masa yang cukup sulit untuk sebuah bisnis online. Blaster ini menyerang kerentanan pada Windows 2000 dan Windows XP sehingga pada saat diaktifkan akan memunculkan pesan shutdown.

7.Sobig.F (2003)

Serangan virus ini bersamaan dengan serangan yang dilakukan oleh virus Blaster 2003, hal ini membuat para pengguna PC rumah dan kantor menjadi sangat bersedih. Virus yang satu ini adalah virus yang merusak dengan cara menduplikasikan dirinya sendiri dengan sangat cepat untuk dapat menyebar lebih luas. Duplikasi sistem pengiriman email yang ada pada kompter membuatnya dapat mengirimkan email kepada pengguna lain dan dirinya sendiri sehingga traffic internet menjadi sangat padat.

8.Bagle (2004)

Virus ini merupakan sebuah virus yang terbilang masih tradisional yaitu dengan cara menginfeksi sistem yang ada dalam sebuah PC sehingga menyerang beberapa email kemudian masuk kedalam sistem Windows yang nantinya akan mereplikasikan dirinya. Bahayanya dari virus ini adalah karena jika virus ini masuk kedalam PC akan dapat membukan port TCP yang dapat mengakses beberapa data penting bahkan hingga data keuangan. Hingga akhirnya beberapa orang IT profesional berhasil menemukan obat untuk virus komputer yang satu ini dan diberi nama Bagle.B.

9.MyDoom (2004)

Serangan dari virus yang satu ini dirasakan sunggu sangat mengejutkan karena berhasil menyebar dengan kecepatan yang sangat cepat dan belum pernah terjadi sebelumnya. MyDoom berhasil memperlambat internet global hingga 10 persen serta juga memperlambat loading pada web sampai 50 persen. Virus ini merupakan sebuah virus yang sangat licik karena mengaplikasikan dirinya sebagai sebuah email dengan subject “Mail Transaction Fail”, sehingga orang-orang yang merasa memiliki transaksi internet akan langsung membuka email tersebut.

10.Sasser (2004)

Sasser ini merupakan sebuah virus yang cukup terkenal kala itu karena kemampuannya yang berhasil menutup beberapa satelit komunikasi yang berada di Prancis, pembatalan beberapa penerbangan maskapai Delta dan menutup beberapa sistem perusahaan yang ada di seluruh dunia. Virus ini tidak menyebar dari email, melainkan dari pengguna windows yang tidak mengupdate sistemnya. Virus ini akan menyerang sistem-sistem yang sudah sangat lama tidak di update kemudian mencari celah lain untuk masuk kedalam pc lainnya yang masih menggunakan sistem lama. Hebatnya adalah virus ini dibuat oleh seorang anak remaja yang berusia 17 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *