Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Setelah Sholat Tahajud, Lafadz dan Terjemah

satriyadi.web.id – Doa Setelah Sholat Tahajud, Lafadz dan Terjemah

Daftar Isi Sembunyikan
1 Hukum Sholat Tahajud
2 Sepertiga Malam, Waktu Terbaik untuk Berdoa
3 Kapan Waktu Sepertiga Malam itu ?
4 Doa Setelah Sholat Tahajud (Arab, Latin dan Terjemahnya)
5 Redaksi Lain Dzikir dan Doa Setelah sholat Tahajud
6 Doa Lain Setelah Sholat Tahajud

Hukum Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang biasanya dikerjakansetelah bangun dari tidur di malam hari. Sholat ini juga bisa disebut denganqiyamullail. Waktu terbaik melaksanakan sholat ini adalah di sepertiga malam.

Doa Setelah Sholat Tahajud, Lafadz dan Terjemah
Sholat Tahajud

Hukum dari sholat tahajud adalah sunnah muakkadah, amalansunnah yang mendekati wajib. Bahkan sebelum turun syariat tentang sholat limawaktu, sholat tahjud biasa dikerjakan oleh Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam danpara sahabatnya.

Dalam surat Al Isra’ ayat 79 disebutkan, “Dan dari sebagianmalam, sholat tahajudlah sebagai tambahan ibadah bagimu. Allah ta’ala akanmengangkatmu ke tempat yang terpuji. (QS Al Isra’ 79)

Sepertiga Malam, Waktu Terbaik untuk Berdoa

Sholat tahajud terbaik adalah saat dilakukan di sepertigamalam. Dan waktu doa maqbul juga ada pada saat itu. Rosulullah sallahu’alaihiwasallam bersabda,

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَوَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُاللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي، فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِيفَأُعْطِيَهُ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

Allah subhaanahu wa ta’ala turun ke langit dunia setiapmalam, saat sepertiga malam terakhir. Ia berfirman, “Sesiapa yang memohon kepadaKu,maka Aku ijabahi baginya. Sesiapa yang memohon kepadaKu, maka Aku berikan ia. Dansesiapa yang minta ampun kepada Ku maka Aku ampuni ia.” (HR Bukhari Muslim)

Ibnu Hajar al Asqalani, Imam al Baidhowi dan lainnyamengatakan bahwa yang dimaksud turun disitu adalah rahmat Allah ta’ala turunkepada makhluknya.

Kapan Waktu SepertigaMalam itu ?

Ibnu Hajar al asqolanidan Ibnu Bathol[1]menyebutkan, bahwa anjuran doa di malam itu berlaku di sepertiga malam akhir hinggadatangnya waktu subuh.

Para ulama’ berbedapendapat mengenai ketepatan waktu sepertiga malam tersebut.

Sebagian menyebutkanbahwa itu adalah sepertiga dari waktu isya’ hingga subuh, atau sekitar jam 3 malamhingga adzan subuh.

Sementara sebagianyang lain menyebutkan bahwa sepertiga itu dimulai sejak terbenam matahari (maghrib)hingga waktu subuh. Berarti pada jam 2 malam hingga adzan subuh.

Semoga kita dimudahkan oleh Allah ta’ala untuk menghidupkan malam tersebut dengan munajat kepadanya. Amiin.

Doa Setelah Sholat Tahajud (Arab, Latin dan Terjemahnya)

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Ad Darimi[2],Ibnu Abbas mengatakan Rosulullah sallallahu ‘alaihi wasallam jika bangun malamdan melaksanakan sholat tahajud, beliau berdoa

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَنُورُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُالسَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُالسَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ أَنْتَ الْحَقُّ وَقَوْلُكَ الْحَقُّوَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّوَالْبَعْثُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ حَقٌّ

اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَآمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَإِلَيْكَحَاكَمْتُ فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ وَمَاأَسْرَرْتُ أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَوَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ

Allohumma lakalhamdu anta nuurus samawati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu antaqoyyimus samawati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta malikussamawati wal ardhi wa man fiihinna. Antal haqq, wa qoulukal haqq, wa wa’dukal haqq,wa liqouka haqq, wal jannatu haqq, wan naaru haqq, wal ba’tsu haqq, wannabiyyuna haqq, wa muhammad sallallahu’alaihi wa sallam haqq.

Allohumma lakaaaslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khoosomtu,wa ilaika khaakamtu, faghfir lii maa qoddamtu wa maa akkhortu, wa maa a’lantuwa maa asrortu. Antal muqoddim wa antal muakkhir, laa ilaaha illa Anta wa laahaula wa laa quwwata illa bika.

Artinya

Ya Allah bagiMupujian, Engkau adalah cahaya langit dan bumi serta siapa saja yang ada didalamnya. Segala puji bagiMu, Engkau yang mengatur langit dan bumi serta siapa sajayang ada di dalamnya. Pujian bagiMu, Engkau yang merajai langit dan bumi sertasiapa saja yang ada di dalamnya. Maha benar Engkau, perkataanMu adalah benar,janjiMu adalah benar, ancamanMu adalah benar, pertemuan dengaMu adalah benar, surgaadalah benar, neraka adalah benar, hari kebangkitan adalah benar, para nabiadalah benar, dan Muhammad sallallahu ‘alaihi wa sallam adalah benar.

Ya Allah kepadaMuaku serahkan diriku, aku mengimaniMu, aku bertawakkal kepadaMu, kepadaMu aku kembali,dengan-Mu aku menghadapi musuh dan kepadaMu aku berhukum. Maka ampuni segalayang telah aku lakukan dan yang belum aku lakukan. Dan ampuni aku atasperbuatan yang tersembunyi dan yang nampak. Engkau adalah yang maha awal danmaha akhir. Tidak ada Tuhan kecuali Engkau dan tidak ada daya serta kekuatan kecualikarena Engkau.

Redaksi Lain Dzikir dan Doa Setelah sholat Tahajud

Dalam riwayat ImamBukhari disebutkan hadits nomer 1053. Bahwa Rosulullah sallallahu’alaihi wasallam berdoa setelah sholat tahajud dengan doa berikut.

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُالسَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَوَاتِوَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِوَمَنْ فِيهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَكَ الْحَمْدُأَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُحَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُوَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُفَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ أَنْتَالْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

Allohumma lakalhamdu anta qoyyimus samaawati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu lakamulkus samawati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta nuurus samawatiwal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta maalikus samawati wal ardhi walakal hamdu antal haqq, wa wa’dukal haqq, wa liqouka haqq, wa qouluka haqq, waljannatu haqq, wan naaru haqq, wan nabiyyuna haqq, wa muhammad sallallahu’alaihiwa sallam haqq, was sa’atu haqq,

Allohumma lakaaslamtu, wa bika amantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bikakhosomtu, wa ilaika hakamtu, faghfir lii maa qoddamtu wa maa akkhortu, wa maa asrortuwa maa a’lantu. Antual muqoddim wa antal muakkhir, laa ilaaha illa Anta.

Artinya

Ya Allah bagiMupujian, Engkau yang mengatur langit dan bumi serta siapa saja yang ada didalamnya. Pujian bagiMu, Engkau yang memiliki langit dan bumi serta siapa sajayang ada di dalamnya. Segala puji bagiMu, Engkau adalah cahaya langit dan bumi sertasiapa saja yang ada di dalamnya. Segala puji bagiMu, yang merajai langit danbumi. Dan segala puji bagiMu, Engkau maha benar, janjiMu adalah benar,pertemuan dengaMu adalah benar, perkataanMu adalah benar, surga adalah benar,neraka adalah benar, para nabi adalah benar, Muhammad sallallahu ‘alaihi wasallam adalah benar dan hari kiamat adalah benar.

Ya Allah kepadaMuaku serahkan diriku, aku mengimaniMu, aku bertawakkal kepadaMu, kepadaMu aku kembali,dengan-Mu aku menghadapi musuh dan kepadaMu aku berhukum. Maka ampuni segalayang telah aku lakukan dan yang belum aku lakukan. Ampuni dosa yang aku sembunyikandan yang aku tampakkan. Engkaulah yang maha awal dan maha akhit, Tidak ada Tuhankecuali Engkau.

Doa Lain SetelahSholat Tahajud

Menurut para ulama’dibolehkan juga berdoa dengan doa-doa lain selain doa diatas. Baik itu doa yangma’tsur, bersumber dari Al Quran dan sunnah. Ataupun doa lain yang tidak secaraspesifik disebutkan dengan dalil.

Bahkan juga dibolehkan berdoa dengan bahasa yang kita fahami, meskipun yang terbaik adalah dengan bahasa arab.


[1]Fathul Baari syarah Shahih Bukhari, 11/129

[2] HaditsImam ad Darimi nomer 1448

Posting Komentar untuk "Doa Setelah Sholat Tahajud, Lafadz dan Terjemah"