Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

1. Eva adalah seorang pengusaha di bidang fashion (pakaian), sebelum Eva menjalankan usahanya, ia mengelompokkan pasarnya berdasarkan usia. Langkah yang dilakukan Eva merupakan salah satu jenis model pamasaran…. ?

satriyadi.web.id

 

JAWABAN:

  1. Langkah yang dilakukan Eva dalam mengelompokkan pasarnya berdasarkan usia sebelum menjalankan usahanya adalah c. Segmentasi. Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil berdasarkan karakteristik tertentu seperti usia, yang memungkinkan perusahaan untuk menargetkan produk atau layanan mereka lebih efektif.
  2. Langkah selanjutnya yang dilakukan Eva dalam memilih segmen usia khusus untuk baju bayi dan balita karena keterbatasan modal adalah d. Concentrated marketing. Ini adalah strategi di mana perusahaan memfokuskan upaya pemasarannya pada satu segmen pasar yang terbatas atau niche.
  3. Penentuan positioning market yang diambil Eva berdasarkan kualitas bagus (SNI) untuk memberikan kualitas pakaian terbaik untuk bayi dan balita adalah c. Benefit positioning. Ini adalah strategi positioning yang menekankan manfaat atau keuntungan yang diberikan produk kepada konsumen.
  4. Tujuan Eva melakukan pengelompokan pasar sebelum menjalankan usahanya adalah b. Bisa menghemat sumber daya usaha. Dengan mengelompokkan pasar, Eva dapat lebih fokus pada sumber daya yang ada untuk menargetkan segmen pasar yang paling mungkin membeli produknya.
  5. Segmentasi yang termasuk faktor demografi dalam konteks usaha Eva sebagai pemilik toko pakaian baju bayi dan balita adalah b. Tahapan kehidupan. Tahapan kehidupan mengacu pada kategori demografi yang berdasarkan pada usia dan tahapan penting dalam kehidupan seseorang, seperti masa bayi dan balita yang menjadi target pasar Eva.
  6. Dalam konteks ini, peran Eva adalah sebagai e. Decider. Eva membuat keputusan akhir untuk menggunakan jasa arsitek yang direkomendasikan oleh Bapak Budi.
  7. Peran Ibu Eva dalam konteks ini adalah b. Buyer. Ibu Eva menyediakan dana yang diperlukan untuk usaha Eva, yang berarti dia adalah pembeli atau pemberi dana.
  8. Peran Bapak Budi adalah c. Influencer karena dia memberikan rekomendasi yang mempengaruhi keputusan Eva. Sementara itu, peran Bapak Eva adalah d. Initiator karena dia yang memulai proses pencarian arsitek dengan mencari informasi dari teman-temannya.
  9. Kegiatan pemasaran yang dilakukan Eva dengan mengkombinasikan semua variabel dalam pemasaran (product, price, promotion, dan place) merupakan a. Bauran pemasaran. Ini adalah konsep dasar dalam pemasaran yang mencakup empat elemen utama yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran.
  10. Tujuan Eva mengkombinasikan semua variabel pemasaran adalah untuk d. Penjualan. Mengkombinasikan produk, harga, promosi, dan tempat dengan cara yang efektif bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan keberhasilan usaha.

Semoga membantu ya