Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5. Bagaimana Proses Pembentukan embun?​ ?

satriyadi.web.id

 

Proses pembentukan embun terjadi ketika udara di sekitar permukaan bumi mendingin hingga mencapai titik jenuhnya atau titik embun. Proses ini umumnya terjadi pada malam hari, ketika bumi kehilangan panas ke atmosfer dan suhu udara di permukaan turun.

Berikut adalah langkah-langkah utama dalam pembentukan embun:

  1. Radiasi: Pada malam hari, bumi kehilangan panas ke langit terbuka, menyebabkan suhu udara di dekat permukaan bumi turun. Proses ini disebut radiasi.
  2. Pendinginan: Udara di sekitar permukaan bumi menjadi dingin dan mencapai suhu titik embunnya, di mana kelembaban udara mencapai keadaan jenuh dan tidak dapat menampung lebih banyak uap air.
  3. Kondensasi: Ketika udara mencapai titik embun, uap air di udara mulai mengalami kondensasi dan berubah menjadi tetesan air kecil, membentuk embun.

Proses ini sering terjadi pada permukaan objek yang lebih dingin, seperti rumput, daun, atau kendaraan yang diparkir, di mana udara di permukaan bumi lebih cepat mendingin. Embun biasanya terbentuk pada malam hari ketika langit cerah dan udara tenang, karena kondisi ini memungkinkan suhu udara untuk mencapai titik embun dengan lebih cepat.