Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Satuan segitiga adalah satuan tidak baku yang berbentuk....​

Satuan segitiga bukan merupakan satuan baku. Satuan baku adalah satuan yang telah dibakukan dan disepakati secara internasional, seperti meter, kilogram, dan detik. Segitiga, sebagai bangun datar, tidak memiliki satuan baku karena tidak memiliki dimensi yang dapat diukur secara langsung.

Namun, segitiga dapat diukur dengan menggunakan satuan luas. Satuan luas digunakan untuk mengukur luas permukaan suatu bidang.

Satuan luas yang biasa digunakan untuk mengukur segitiga adalah:

  • Luas persegi:Satuan ini digunakan untuk mengukur luas segitiga dengan cara membagi segitiga menjadi dua bagian yang sama besar, kemudian mengukur luas salah satu bagian tersebut.
  • Luas persegi panjang:Satuan ini digunakan untuk mengukur luas segitiga dengan cara membagi segitiga menjadi dua bagian yang sama besar, kemudian mengukur luas salah satu bagian tersebut.
  • Satuan non-baku: Selain satuan luas baku, terdapat beberapa satuan non-baku yang sering digunakan untuk mengukur segitiga, seperti:
    • Satuan ubin: Satuan ini digunakan untuk mengukur luas segitiga dengan cara menghitung jumlah ubin yang diperlukan untuk menutupi segitiga tersebut.
    • Satuan jari: Satuan ini digunakan untuk mengukur luas segitiga dengan cara mengukur panjang sisi-sisinya dengan menggunakan jari.

Kesimpulan:

Satuan segitiga bukan merupakan satuan baku, melainkan satuan luas yang digunakan untuk mengukur luas permukaan segitiga. Satuan luas yang biasa digunakan untuk mengukur segitiga adalah satuan persegi, satuan persegi panjang, dan beberapa satuan non-baku seperti satuan ubin dan satuan jari.