Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan jasa jasa ratu zaleha terhadap kalimantan selatan​ ?

satriyadi.web.id

 

Jawaban:

Ratu Zaleha, yang bernama asli Gusti Zaleha, merupakan seorang pahlawan wanita dari Kalimantan Selatan yang gigih berjuang melawan penjajah Belanda. Berikut adalah beberapa jasa-jasanya:

1. Memimpin perlawanan rakyat: Ratu Zaleha merupakan pemimpin perempuan yang berani dan tangguh. Ia memimpin pasukan wanita Dayak dan Banjar dalam melawan Belanda. Kepemimpinannya yang inspiratif dan strategi perangnya yang cerdik membuat Belanda kewalahan.

2. Memperkuat persatuan: Ratu Zaleha berhasil mempersatukan suku-suku Dayak dan Banjar yang sebelumnya terpecah belah. Ia mampu menyatukan mereka dalam perjuangan melawan musuh bersama, yaitu Belanda.

3. Melakukan diplomasi: Ratu Zaleha tidak hanya pandai berperang, tetapi juga piawai dalam diplomasi. Ia menjalin hubungan dengan kerajaan-kerajaan lain di Kalimantan untuk mendapatkan dukungan dalam perjuangannya.

4. Menjadi simbol perlawanan: Ratu Zaleha menjadi simbol perlawanan rakyat Kalimantan Selatan terhadap penjajah Belanda. Ia merupakan panutan bagi para pejuang kemerdekaan lainnya dan membakar semangat mereka untuk terus berjuang.

5. Mempertahankan budaya: Ratu Zaleha juga berjasa dalam melestarikan budaya Kalimantan Selatan. Ia melindungi adat istiadat dan tradisi masyarakat Dayak dan Banjar dari pengaruh Belanda.

Penghargaan:

Jasa-jasa Ratu Zaleha terhadap Kalimantan Selatan telah diakui oleh pemerintah Indonesia. Ia dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada tahun 2008. Namanya juga diabadikan sebagai nama jalan, sekolah, dan monumen di berbagai daerah di Kalimantan Selatan.

Ratu Zaleha merupakan pahlawan wanita yang patut dihormati dan diteladani. Ia telah menunjukkan bahwa perempuan juga memiliki peran penting dalam perjuangan kemerdekaan bangsa.

Penjelasan: