Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tolong banget bantu kerjakan ya Kak ​ ?

satriyadi.web.id

 

Jawaban:

【Jawaban】: 1. a. Pegunungan Jaya Wijaya yang terletak di Papua.

2. a. Suhu di sekitar wilayah gunung akan naik. b. Terdengarnya suara gemuruh yang disertai dengan gempa bumi. c. Terlihat gumpalan awan yang besar dan gelap d. Binatang-binatang turun menjauhi wilayah gunung.

3. a. Kerak bumi merupakan lapisan terdalam dari bumi. b. Inti bumi terbagi menjadi dua bagian, yaitu intiluar dan inti dalam. c. Mantel bumi merupakan lapisan di bawah kerak bumi. d. Pada kerak bumi, terjadi pergerakan arus konveksi

4. a. Pembentukan patahan atau sesar dapat disebabkan karena pergerakan konvergensi. b. Pergerakan lempeng jenis transformasi disebut juga sebagai proses pemekaran. c. Pembentukan lembah dapat disebabkan karena pergerakan divergensi d. Pergerakan konvergensi menciptakan pegunungan, palung laut, dan zona subduksi.

5. a. Pada periode Triassic, benua terpecah menjadi dua jenis yaitu Laurasia dan Gondwana. b. Benua Pangea terbentuk pada Periode Cretaceous. c. Pada Periode Permian, hasil perpecahan benua bergerak menjauh secara perlahan. d. Pada periode Jurassic terjadi sekitar 150 juta tahun yang lalu.

6. 1. Oksigen – Kerak bumi

2. Besi – Inti bumi

3. Silikon – Mantel bumi

4. Magnesium – Mantel bumi

5. Alumunium – Inti bumi

6. Nikel – Mantel bumi

【Penjelasan】: 1. Pernyataan a adalah benar karena Pegunungan Jaya Wijaya memang terletak di Papua. Pernyataan b, c, dan d tidak benar karena Ngarai Sianok berada di Sumatera Barat, Gunung Semeru berada di Jawa Timur, dan Air terjun Nokan Nayan berada di Kalimantan Tengah.

2. Semua pernyataan a, b, c, dan d adalah benar. Suhu di sekitar wilayah gunung akan naik, suara gemuruh dan gempa bumi bisa menjadi tanda gunung berapi akan meletus, gumpalan awan yang besar dan gelap bisa menjadi awan panas, dan binatang-binatang turun menjauhi wilayah gunung bisa menjadi tanda adanya aktivitas vulkanik.

3. Pernyataan a salah karena kerak bumi bukan lapisan terdalam, tetapi lapisan terluar. Pernyataan b, c, dan d benar.

4. Pernyataan a, c, dan d benar. Pernyataan b salah karena pergerakan lempeng jenis transformasi bukan disebut proses pemekaran, tetapi proses transformasi.

5. Pernyataan a, c, dan d benar. Pernyataan b salah karena Benua Pangea terbentuk pada periode Permian, bukan Cretaceous.

6. Berdasarkan tabel, Oksigen ditemukan di kerak bumi, Besi di inti bumi, Silikon dan Magnesium di mantel bumi, Alumunium di inti bumi, dan Nikel di mantel bumi.