Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Bercak Putih di LCD HP

Cara Menghilangkan Bercak Putih di LCD HP - Bercak putih di LCD HP dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari masalah software hingga masalah hardware. Jika Anda mengalami masalah ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

Cara Menghilangkan Bercak Putih di LCD HP

1. Restart Perangkat

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan me-restart perangkat. Restart dapat membantu untuk memperbaiki masalah software yang menyebabkan bercak putih. Untuk me-restart perangkat Android, tekan dan tahan tombol power selama beberapa detik, lalu ketuk "Restart".

Image of Cara restart perangkat Android

Untuk me-restart perangkat iOS, tekan dan tahan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik, lalu ketuk "Slide to power off".

Image of Cara restart perangkat iOS

2. Periksa Izin Kamera

Pastikan bahwa aplikasi yang ingin menggunakan kamera memiliki izin untuk mengakses kamera. Untuk memeriksa izin kamera, buka menu "Settings" > "Apps & Notifications" > "Permissions" > "Camera". Pastikan bahwa aplikasi yang ingin Anda gunakan kameranya memiliki izin "Allow".

Image of Cara memeriksa izin kamera di Android

Untuk memeriksa izin kamera di iOS, buka menu "Settings" > "Privacy" > "Camera". Pastikan bahwa aplikasi yang ingin Anda gunakan kameranya memiliki izin "Allow".

3. Hapus Cache dan Data Kamera

Hapus cache dan data kamera juga dapat membantu untuk mengatasi masalah bercak putih. Untuk menghapus cache dan data kamera, buka menu "Settings" > "Apps & Notifications" > "See all apps" > "Camera" > "Storage & cache". Ketuk "Clear cache" dan "Clear storage".

Image of Cara menghapus cache dan data kamera di Android

Untuk menghapus cache dan data kamera di iOS, buka menu "Settings" > "General" > "iPhone storage". Gulir ke bawah dan ketuk "Camera". Ketuk "Delete App".

4. Perbarui Aplikasi Kamera

Jika aplikasi kamera di perangkat Anda sudah usang, maka kemungkinan besar aplikasi tersebut memiliki bug yang menyebabkan bercak putih. Untuk memperbarui aplikasi kamera, buka Google Play Store > "My apps & games" > "Updates available". Periksa apakah aplikasi kamera Anda memiliki pembaruan yang tersedia. Jika ya, ketuk "Update" untuk memperbaruinya.

5. Hapus dan Instal Ulang Aplikasi Kamera

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba untuk menghapus dan menginstal ulang aplikasi kamera. Untuk menghapus aplikasi kamera, buka Google Play Store > "My apps & games" > "Installed". Cari aplikasi kamera Anda, lalu ketuk "Uninstall". Setelah aplikasi kamera dihapus, instal ulang aplikasi tersebut dari Google Play Store.

6. Reset Perangkat

Jika semua cara di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba untuk mereset perangkat. Reset akan menghapus semua data di perangkat, termasuk data aplikasi kamera. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah mencadangkan data penting Anda sebelum melakukan reset.

Untuk mereset perangkat Android, buka menu "Settings" > "About phone" > "Backup & reset" > "Factory reset". Ketuk "Reset phone" dan ikuti instruksi di layar.

Untuk mereset perangkat iOS, buka menu "Settings" > "General" > "Reset" > "Erase all content and settings". Masukkan kata sandi Anda, lalu ketuk "Erase iPhone".

7. Ganti LCD

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas dan bercak putih masih muncul, maka kemungkinan besar LCD Anda mengalami masalah hardware. Dalam hal ini, Anda perlu membawa perangkat Anda ke service center untuk diperbaiki.

Cara Lain Menghilangkan Bercak Putih di LCD HP

Bercak putih di LCD HP merupakan salah satu masalah yang sering terjadi. Bercak putih ini dapat mengganggu tampilan layar dan membuat Anda tidak nyaman saat menggunakan HP.

Ada beberapa penyebab bercak putih di LCD HP, antara lain:

  • Pemasangan pelindung layar yang tidak tepat
  • Terjatuh atau terbentur
  • Kerusakan LCD

Jika bercak putih di LCD HP Anda disebabkan oleh pemasangan pelindung layar yang tidak tepat, Anda dapat mencoba untuk melepas pelindung layar tersebut. Jika bercak putih masih ada, Anda dapat mencoba cara-cara lain yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Bersihkan layar HP

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bercak putih di LCD HP adalah dengan membersihkan layar HP. Gunakan kain microfiber yang lembut untuk membersihkan layar HP.

Image of Bersihkan layar HP dengan kain microfiber

Jika bercak putih tidak hilang setelah layar HP dibersihkan, Anda dapat mencoba cara-cara lain yang akan dijelaskan di bawah ini.

2. Gunakan kain lap yang sedikit basah

Anda juga dapat menggunakan kain lap yang sedikit basah untuk membersihkan layar HP. Namun, pastikan bahwa kain lap tersebut tidak terlalu basah, karena dapat merusak LCD HP.

Image of Gunakan kain lap yang sedikit basah untuk membersihkan layar HP

3. Gunakan air perasan jeruk nipis

Air perasan jeruk nipis memiliki sifat asam yang dapat membantu menghilangkan bercak putih di LCD HP. Namun, pastikan bahwa Anda tidak menggunakan air perasan jeruk nipis murni, karena dapat merusak LCD HP. Campurkan air perasan jeruk nipis dengan air putih dengan perbandingan 1:1.

Image of Campurkan air perasan jeruk nipis dengan air putih

Celupkan kain microfiber ke dalam campuran air perasan jeruk nipis dan air putih. Kemudian, bersihkan layar HP dengan kain tersebut.

4. Gunakan cairan pembersih layar

Anda juga dapat menggunakan cairan pembersih layar untuk menghilangkan bercak putih di LCD HP. Pilihlah cairan pembersih layar yang aman untuk LCD HP.

Image of Gunakan cairan pembersih layar

Ikuti instruksi yang tertera pada kemasan cairan pembersih layar untuk menggunakannya.

5. Bawa ke service center

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas dan bercak putih di LCD HP Anda masih ada, Anda dapat membawa HP Anda ke service center.

Tips untuk mencegah bercak putih di LCD HP

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah bercak putih di LCD HP:

  • Gunakan pelindung layar yang berkualitas.
  • Hindari menjatuhkan atau membentur HP.
  • Jaga agar HP Anda tetap bersih dan kering.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda untuk menghilangkan bercak putih di LCD HP.

Tips untuk mencegah bercak putih di LCD HP

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah bercak putih di LCD HP:

  • Pastikan perangkat Anda selalu memiliki baterai yang cukup.
  • Jangan memasang aplikasi yang tidak resmi dari sumber yang tidak terpercaya.
  • Jangan menjatuhkan atau memukul perangkat Anda dengan keras.
  • Hindari menggunakan perangkat Anda di tempat yang lembap atau panas.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah bercak putih di LCD HP.