Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Mengatasi Virus Di Android

Sebab pada hakikatnya android adalah sebuah perangkat yang masih open source, jadi program-program yang tidak dikenal akan terdeteksi sendiri apakah itu virus atau bukan secara otomatis, pada dasarnya jika ada sebuah file yang crash atau terserang virus maka dengan sendirinya android akan menganalisa program atau file tersebut untuk diatasi walau tanpa menggunakan pogram antivirus sekalipun.

Cara Mengatasi dan Menghapus Virus di Android:

Pada dasarnya tips untuk menghapus sebuah virus dapat digunakan dengan mudah, kita dapat menyimak tutorial dibawah ini agar kita dapat mengatasi serangan virus yang menyerang smartphone kita ini.

1. Mengatasi dengan Menghapus Aplikasi yang Terserang Virus

Langkah utama yang perlu kita lakukan adalah dengan Menghapus program aplikasi yang sekiranya merusak atau tidak dapat dibuka, atau barangkali ada aplikasi yang jika saat dibuka menyebabkan crash atau lag pada android. Ini merupakan hal yang perlu kita tindak lanjuti dengan menghapus aplikasi tersebut yang mungkin saja sudah terkena virus.

  • Masuk ke Safe Mode.
  • Cek aplikasi di Safe Mode.
  • Hapus aplikasi mencurigakan.
  • Hapus akses administrator aplikasi asing.
  • Keluar Safe Mode.

2. Menghilangkan dan Menghapus Virus

Nah langkah kedua yang dapat kita lakukan untuk mengatasi virus yang menjangkit android kita dengan menghapus virus yang ada, anda dapat menggunakan antivirus yang sekiranya dapat diandalkan dan sangat terpercaya seperti contohnya 360 Security For Androidatau aplikasi antivirus lainya. Dengan menggunakan antivirus akan memudahkan anda untuk menghapus virus atau bahkan mencegah anda terkena program jahat alias virus, dengan demikian smartphone android anda akan selalu terlindungi oleh antivirus.

3. Jika Kondisi Sudah Parah dapat Reset Android

Ini merupakan langkah terakhir untuk mengatasi serangan virus yang dimana virus tersebut sudah sangat berbahaya dan tidak dapat diperbaiki dengan menghapus virus baik itu secara otomatis ataupun dengan antivirus, oleh karena itu kita dapat melakukan reset android ke pengaturan awal. Hal ini berdampak pada data yang tersimpan pada memori internal akan terhapus dan hilang ketika melakukan reset android.

Menganlisa Virus untuk Menghapus Virus di HP Android

Kita dapat menganalisa apakah android yang kita gunakan terkena virus atau tidak dengan mengetahui ciri-ciri smartphone yang terkena virus.

1. Penggunaan Internet Tidak Wajar

Pada akibat dan ciri-ciri virus yang menjangkit sebuah android akan menyebabkan pemakaian data internet yang berlebihan dan tidak wajar, ini merupakan ciri dari virus jenis malware yang sengaja dibuat untuk mencuri sebuah informasi yang ada pada smartphone android tersebut. Yang dimana aakan mencuri informasi tentang daftar kontak telepon, nomer kartu kredi, password dan sebagainya. Setelah data tersebut berhasil dikumpulkan maka malware akan mengirim informasi tersebut kepada si pembuat malware melalui akses internet dengan otomatis, dan hal ini akan membuat anda rugi dengan dicurinya informasi tersebut serta kutoa internet yang berkurang.

2. Sering Crash / Error

Selain itu pada android akan mendapati masalah sering crash dan akan menyebabkan performa android semakin lambat, hal ini diakibatkan karena adanya aktivitas yang dijalankan oleh malware tanpa anda ketahui, adapun jumlah aktivitas yang dapat tergolong sangat memberatkan proses saat mengoperasikan android tersebut. Sehingga daya baterai pada android akan cepat habis walau anda belum gunakan untuk yang lain, terkadang orang heran mengapa android yang ia pakai cepat habis baterainya walau ia tidak gunakan untuk apa-apa. Ya jangan heran karena ini merupakan sifat dari malware yang sangat mengganggu, tentu saja kita harus menghapus malware tersebut agar tidak berakibat fatal lainya.

3. Gangguan Program

Satu lagi biasanya dialami pada android yang terkena virus ketika hendak menelpon tiba-tiba terputus, jika terputusnya karena jaringan sinyal yang buruk itu merupakan hal yang biasa. Akan tetapi jika pada saat menelpon memiliki jaringan yang bagus dan pulsa yang masih mencukupi maka anda harus mengetahui penyebabnya, biasanya hal ini disebabkan oleh malware yang sengaja memiliki tujuan memutuskan telepon dengan sendirinya. Tak hanya telepon yang kadang terkena masalah, pada beberapa aplikasi juga dapat disabotase dengan menyelinap dan merusak sebuah program atau aplikasi yang ada. Seperti sifatnya virus dapat menyelinap di aplikasi secara sembunyi dan dapat merusak sebuah program.

Posting Komentar untuk "Cara Ampuh Mengatasi Virus Di Android"