Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikan contoh atau 6 sumber daya pendukung pembuatan kerajinan gantungan kunci ?

satriyadi.web.id

 

Jawaban:

1. Human (Manusia), Manusia adalah peran utama dalam mengolah bahan bahan bekas atau bahan mentah untuk dijadikan proses kerajinan seperti misalnya gantungan kunci.

2. Material (Bahan), Alat atau bahan yang digunakan sebagai produksi dalam proses kerajinan gantungan kunci. Misalnya gantungan kunci terbuat dari kain Flanel atau plastik bekas.

3. Mechine (Mesin), Mesin adalah alat yang di gunakan didalam proses pembuatan gantungan kunci sebagai alat untuk menjahit.

4. Methods (Cara), sebelum membuat suatu karya atau kerajinan maka kita harus mengetahui teknik atau metodenya agar kita lebih mudah dalam proses pembuatan tersebut.

5. Money (Uang), Uang juga terlibat di dalam pendukung pembuatan kerajianan gantungan kunci dimana uang akan di gunakan untuk membeli alat dan bahan misalnya, Bahan pokonya menggunakan kain maka uang diperlukan untuk membeli kain.

6. Market (pasar), Pasar sebagai tempat pengedar atau pendistribusian suatu barang atau jasa. Jadi pasar juga dilibatkan dalam pendukung pembuatan kerajinan karena di pasar inilah kerajinan kita akan di distribusikan

Penjelasan:

Pengertian kerajinan tangan adalah suatu kegiatan yang di dalamnya terdapat proses pengolahan bahan baku yang sering di temukan di lingkungan sekitar menjadi benda atau barang yang memiliki nilai guna pakai.

Teknik-teknik dalam proses pembuatan kerajinan: Teknik ukir, teknik anyam, teknik pahat, teknik tekan dan lain-lain.

• Bahan-bahan dalam proses pembuatan kerajinan :

1. Rotan dapat di buat menjadi, meja, kusi, dan lain-lain

2. Kayu, dapat di buat menjadi, lemari, pintu, jendela dan lain-lain

3. Batu, dapat di buat menjadi, patung, hiasan tembok, hiasan kolam dan lain-lain

4. Logam, biasa di buat menjadi guci, vas bunga, bahan kendaraan dan lain-lain

5. Kaca, biasanya dibuat menjadi

akuarium, piring, gelas dan lain-lain

6. Bambu, dapat di buat menjadi kentongan, ayaman dinding, pagar dan lain-lain.