Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Bau Mulut Walaupun Sudah Gosok Gigi

Anda benar, terkadang bau mulut tetap ada meskipun sudah gosok gigi rutin. Berikut beberapa hal yang bisa dicoba untuk menghilangkan bau mulut walaupun sudah gosok gigi:

1. Membersihkan lidah: Selain gigi, bakteri penyebab bau mulut juga bisa menumpuk di lidah. Gosok lidah dengan lembut saat gosok gigi menggunakan sikat gigi atau pembersih lidah khusus.

2. Flossing: Sisa makanan yang terselip di antara gigi bisa menyebabkan bau mulut. Flossing atau menggunakan tusuk gigi interdental setidaknya sekali sehari untuk membersihkan sela-sela gigi.

3. Mouthwash: Meskipun efeknya sementara, mouthwash antiseptik bisa membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut. gunakan dua kali sehari selama 30 detik.

4. Konsumsi air putih: Mulut kering bisa menyebabkan bau mulut. Minum air putih yang cukup membantu menjaga kelembaban mulut dan mengurangi bakteri.

5. Perhatikan pola makan: Makanan tertentu seperti bawang putih, bawang merah, kopi, dan makanan pedas bisa menyebabkan bau mulut. Sementara itu, yogurt yang mengandung probiotik dan teh hijau dengan kandungan antioksidan bisa membantu mengurangi bau mulut.

6. Kebiasaan lain: Merokok dapat memperburuk bau mulut. Selain itu, kurang tidur dan stres juga bisa berpengaruh. Cobalah untuk tidur cukup dan kelola stres dengan baik.

7. Periksa ke dokter gigi: Jika sudah mencoba langkah di atas dan bau mulut masih belum hilang, konsultasikan dengan dokter gigi. Dokter gigi dapat mencari tahu penyebab bau mulut dan memberikan perawatan yang tepat, seperti pembersihan gigi profesional atau penanganan kondisi medis tertentu.

Penting diingat: Bau mulut yang terus menerus bisa menjadi tanda masalah kesehatan. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.