Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mitos atau Fakta: Jangan Charge HP Sampai 100% Biar Baterai Awet?

Hayo, ngaku siapa yang masih nge-charge HP sampai 100%? Eits, jangan buru-buru panik dulu. Kali ini, kita bakal bahas tuntas tentang mitos atau fakta di balik kebiasaan ini. Benarkah baterai HP bakal lebih awet kalau gak dicharge sampai 100%?

Mitos atau Fakta: Jangan Charge HP Sampai 100% Biar Baterai Awet?
Batrey HP Sampai 100%

Mitos atau Fakta?

Jawabannya: FAKTA! Tapi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Kenapa sih, nge-charge HP sampai 100% gak baik?

Baterai HP zaman sekarang umumnya menggunakan teknologi Lithium-ion. Nah, baterai jenis ini gak suka banget kalau dicharge sampai penuh terus-terusan. Soalnya, saat baterai mencapai 100%, tegangannya bakal meningkat drastis. Hal ini bisa bikin baterai stres dan umurnya jadi lebih pendek.

Berapa persen idealnya baterai HP dicharge?

Para ahli menyarankan untuk nge-charge baterai HP sampai 80% aja. Tapi, kalau kamu butuh HP seharian dan gak ada kesempatan buat nge-charge lagi, gak masalah kok nge-charge sampai 100%. Asal jangan sering-sering ya!

Ada beberapa mitos lain tentang baterai HP yang perlu kamu ketahui:

  • Mitos: Baterai HP baru harus dicharge 12 jam pertama kali.
  • Fakta: Gak perlu. Baterai HP zaman sekarang gak perlu dicharge 12 jam pertama kali.
  • Mitos: Baterai HP gak boleh dicharge sambil dipakai.
  • Fakta: Boleh-boleh aja, tapi baterai bakal lebih cepat panas dan umurnya jadi lebih pendek.
  • Mitos: Baterai HP harus dikalibrasi setiap bulan.
  • Fakta: Gak perlu. Kalibrasi baterai HP hanya perlu dilakukan kalau kamu merasa indikator baterai gak akurat.

Nah, sekarang kamu udah tahu kan fakta dan mitos tentang nge-charge HP. Yuk, mulai jaga kesehatan baterai HP kamu biar awet!

Ingat:

  • Gunakan charger original
  • Jaga suhu HP
  • Hindari kebiasaan nge-charge HP sampai 100% atau 0%
  • Hindari nge-charge HP di tempat panas
  • Cabut charger kalau baterai sudah penuh
  • Matikan fitur-fitur yang gak dipakai
  • Gunakan mode hemat daya

Nge-charge HP sampai 100% gak baik buat kesehatan baterai. Sebaiknya, nge-charge baterai HP sampai 80% aja. Tapi, kalau kamu butuh HP seharian dan gak ada kesempatan buat nge-charge lagi, gak masalah kok nge-charge sampai 100%. Asal jangan sering-sering ya!

Semoga artikel ini bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Mitos atau Fakta: Jangan Charge HP Sampai 100% Biar Baterai Awet?"