Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Baterai HP Baru Awet? Gampang Banget, Bro!

Baru copot HP baru dari box? Seneng banget kan pastinya? Tapi, jangan lupa perhatiin baterai juga, bro. Soalnya, baterai yang awet bikin kita makin bebas beraktivitas tanpa khawatir kehabisan daya. Nah, biar baterai HP barumu awet dan tahan lama, simak tips-tips gaul berikut ini:

Charging Baterai HP Baru

1. Hindari Cas HP Sampai 100%

Banyak yang bilang kalo ngecas HP sampai 100% bikin baterai awet. Tapi, anggapan itu salah besar, bro! Justru, kebiasaan ini bikin baterai cepet rusak. Idealnya, cas HP aja sampai 80% atau 90%. Soalnya, pengisian daya di atas 90% bikin baterai panas dan gampang rusak.

2. Jangan Cas HP Sampai Mati Total

Sama kayak poin sebelumnya, ngecas HP saat baterai udah sekarat juga gak bagus. Baterai lithium-ion yang umum dipakai di HP sekarang gak suka kalo didiemin sampe kosong. Sebaiknya, cas HP saat baterainya masih di atas 20%.

3. Gunakan Charger Original

Pakai charger original yang sesuai dengan HP kamu. Charger abal-abal bisa bikin baterai HP rusak dan gak awet. Selain itu, perhatikan juga voltase dan amper charger. Pastikan sesuai dengan spesifikasi HP kamu.

4. Matikan Fitur yang Gak Dipakai

Fitur-fitur kayak Bluetooth, GPS, Wi-Fi, dan NFC memang berguna, tapi kalo gak dipakai, mending dimatiin aja. Soalnya, fitur-fitur ini bisa nguras baterai HP tanpa kamu sadari.

5. Kurangi Kecerahan Layar

Layar yang terlalu terang memang enak dilihat, tapi boros baterai. Atur aja kecerahan layar sesuai kebutuhan. Kalo lagi di luar ruangan, atur kecerahan layar lebih tinggi. Kalo di dalam ruangan, atur kecerahan layar lebih rendah.

6. Gunakan Mode Hemat Baterai

Mode hemat baterai bisa membantumu menghemat baterai HP saat lagi gak ada colokan. Mode ini biasanya akan mematikan fitur-fitur yang gak penting dan mengurangi performa HP.

7. Update Software HP

Update software HP gak cuma nambah fitur baru, tapi juga bisa ngoptimalkan kinerja baterai. Pastikan kamu selalu update software HP ke versi terbaru.

8. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Ada banyak aplikasi penghemat baterai yang bisa kamu download di Google Play Store. Aplikasi ini bisa membantumu mengidentifikasi aplikasi yang boros baterai dan mematikannya.

9. Kalibrasi Baterai HP

Kalibrasi baterai HP bisa membantumu menjaga kesehatan baterai dan membuatnya lebih akurat. Cara kalibrasi baterai HP berbeda-beda tergantung merk dan model HP. Kamu bisa searching di internet untuk cara kalibrasi baterai HP kamu.

10. Hindari Suhu Panas

Baterai HP gak suka sama suhu panas. Hindari menaruh HP di tempat yang panas, kayak di bawah sinar matahari langsung atau di dalam mobil yang panas.

11. Gunakan Powerbank yang Berkualitas

Kalo kamu sering bepergian dan gak ada colokan, powerbank bisa jadi solusi. Tapi, pilih powerbank yang berkualitas dan sesuai dengan HP kamu.

Gimana, bro? Gampang banget kan cara-caranya? Dengan mengikuti tips-tips di atas, baterai HP barumu pasti awet dan tahan lama. So, tunggu apa lagi? Praktekkan tips-tips ini sekarang!

Ingat, bro: baterai HP itu ibarat nyawa HP. Kalo baterainya awet, HP-mu bisa dipakai lebih lama. So, rawatlah baterai HPmu dengan baik agar HP-mu awet dan tahan lama.

Salam gaul!

Posting Komentar untuk "Baterai HP Baru Awet? Gampang Banget, Bro!"